5 Tanda Orang Cerdas, Salah Satunya Tidak Banyak Bicara

Hiburan —Sabtu, 9 Dec 2023 20:16
    Bagikan  
5 Tanda Orang Cerdas, Salah Satunya Tidak Banyak Bicara
pinterest:felli

Kecerdasan seseorang bisa dinilai dari banyak hal, mulai dari kebiasaan, cara menjalani kehidupan hingga pembawaan sehari hari. 

Bahkan terkadang skor IQ tidak selalu bisa mengukur seberapa baik kecerdasan seseorang. 

Orang cerdas umumnya memiliki kemampuan publik speaking yang bagus. Tapi sebenarnya tidak semua orang cerdas banyak bicara. 

Beberapa orang cerdas justru lebih nyaman tampil menjadi pendiam dan bahkan memiliki kebiasaan menyendiri. 

Kita bisa melihat tanda-tanda tersebut ini di beberapa tanda orang cerdas tapi pendiam. 


. Pencinta kucing

Penelitian tahun 2016 oleh tiga psikolog dari University of Florida, Carroll University dan Marquette University menemukan bahwa pencinta kuncing mencatatkan nilai kecerdasan abstrak dan intelektual lebih tinggi dibandingkan pencinta hewan peliharaan lain. 

Uniknya lagi umumnya para pencinta kucing adalah introvert. 


. Kepribadian yang Introvert

Orang cerdas bisa saja memiliki kepribadian ekstrovert maupun introvert, tapi umumnya mereka yang genius memiliki kepribadian introvert dan tertutup. 

Penelitian tahun 2016 yang dimuat dalam Bristish Journal Of Psychology NIH PubMed menyebutkan bahwa orang dengan kecerdasan tinggi kurang dalam menghabiskan waktu lama keluar dengan teman-temannya. 

Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendiri untuk belajar maupun melakukan apa yang mereka minati.


. Pemikiran tak terduga

Tanda kutik yang bisa dilihat dari orang cerdas adalah pemikiran merak yang tidak bisa diprediksi. Selalu out of the box. 

Mereka cenderung berpikiran terbuka, tidak konvensional dan mudah menerima perubahan. Misalnya saja Albert Einstein yang tidak suka memakai kaos kaki dan lebih suka menjelajah dengan kaki telanjang, atau Nikola Tesla yang jarang tidur dan lebih memilih jalan kaki 8 mil perhari. Seringkali orang cerdas punya keabiasaan unik dan tidak masuk akal.


. Penuh spontanitas

Orang dengan intelegensia yang tinggi juga cenderung penuh spontatitas. Ia bisa dikatakan impulsif, karena melakukam sesuatu tanpa banyak pertimbangan. 

Bukan berarti mereka tidak hati-hati tapi sikap itu bersikap berangkat dari rasa ingin tahu dan penasarannya yang besar. 

Seperti yang kita tahu. Orang dengan rasa ingin tahu yang besar dan selalu penuh dengan pertanyaan di kepalanya adalah tanda khas orang yang cerdasnya di atas rata rata.


. Terbiasa bergadang

Meskipun sering dinilai sebagai kebiasaan buruk, tapi ternyata ada sisi positif menjadi night owl atau orang yang suka bergadang. 

Orang-orang cerdas ternyata cenderung lebih aktif di malam hari sehingga seringkali membuat mereka tidur larit malam untuk bergadang. 

Dicatatkan dalam psychology today bahwa orang orang cerdas seringkali menjadi nocturnal karena otaknya bekerja lebih baik dan kreatif saat suasana tenang dan sunyi. Sisi buruknya mereka jadi kurang tidur dan itu tak baik untuk otak. (wdyqrrtlan)

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait