Penyebab Nyeri Kencing Pada Wanita

Kesehatan —Senin, 14 Nov 2022 09:29
    Bagikan  
Penyebab Nyeri Kencing Pada Wanita
Pinterest

DepostJogja,- Penyebab sakit buang air kecil pada wanita bisa dari beberapa penyakit tertentu, bukan hanya wanita saja yang bisa merasakan nyeri pria pun bisa mengalaminya. Terutama wanita yang sudah aktif dalam berhubungan seksual, itu bisa disebabkan bentuk saluran kencing wanita yang lebih rawan mengalami infeksi. Di rangkum dari beberapa media, inilah penyebab nyeri kencing pada wanita.

1.Infeksi vagina
Infeksi vagina Infeksi atau peradangan pada vagina dan bibir vagina atau vulva juga bisa menyebabkan kencing sakit. Dilansir dari Prime Health Denver, penyakit ini bisa menyebabkan kencing sangat sakit, keputihan berbau tak sedap, dan vagina gatal. Penyebab infeksi vagina biasanya karena infeksi bakteri, infeksi jamur, perubahan hormon, sampai vagina kering.

2. Trauma pada vagina
Penggunaan alat bantu seks, alat bantu kencing atau kateter, dan cedera saat berhubungan seks juga bisa melukai dinding bagian dalam vagina dan menyebabkan kencing sakit.

Baca juga: Seimbangkan Kadar Gula dengan Jus Wortel

3. Endometriosis
Endometritis adalah pertumbuhan jaringan selaput lendir rahim di luar rongga rahim. Dilansir dari Cleveland Clinic, endometriosis yang muncul di luar saluran kencing dapat menyebabkan kencing sakit.

4. Infeksi saluran kencing
Infeksi saluran kencing, termasuk kandung kemih dan uretra adalah alasan paling sering kenapa kencing terasa sakit. Dilansir dari American Family Physician, penyakit ini jamak disebabkan infeksi bakteri.

5. Penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dan herpes juga bisa menyebabkan gejala kencing sakit pada wanita.

Tetap waspada jika kencing terasa sakit jangan menyepelekan. Pasalnya, kondisi ini terkadang bisa jadi gejala suatu penyakit seperti infeksi. Terutama jika kencing sakit pada wanita disertai demam, atau keputihan bau tak sedap, dan berubah warna. (ririn)

Baca juga: Hati-hati Daun Pepaya Bisa Jadi Penyebab Kanker? Simak Penjelasannya

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait