Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2, Inilah Manfaat Lainnya

Kesehatan —Kamis, 8 Dec 2022 10:24
    Bagikan  
Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2, Inilah Manfaat Lainnya
Pinterest

DepostJogja,- Dalam jurnal Chinese Medicine, diketahui bahwa manfaat teh hijau dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung koroner.
Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi dari perkembangan penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar glukosa darah dan berat badan.

"Itu hal paling sehat yang dapat saya pikirkan untuk diminum," kata Christopher Ochner, PhD. Dia seorang ilmuwan peneliti nutrisi di Fakultas Kedokteran Icahn di Rumah Sakit Mount Sinai.

Berikut ini beberapa manfaat teh hijau menurut halodoc.com, untuk kesehatan yang dapat diketahui.

Baca juga: Beberapa Faktor Penyebab Myopia pada Anak

Menurunkan Kolesterol
Gemar mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan dan minuman bersoda dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke menyerang. Nah, minum teh hijau setiap hari bisa membantu menjaga kadar kolesterol seimbang.

Mengobati Insomnia
Teh hijau bisa membantumu untuk lebih mudah tidur, karena mengandung theanin yang memberikan efek relaksasi pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau tersebut, pastikan tidak menyeduh teh dengan air mendidih.

Mencegah Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan penyakit gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin, atau ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Studi menunjukkan bahwa manfaat teh hijau baik untuk mencegah diabetes, karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.
Studi pada orang Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau paling banyak memiliki risiko sekitar 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Inilah Penyebab Munculnya Jerawat Pada Punggung

Mengurangi Bau Mulut
Nah, buat kamu yang punya masalah bau mulut, minum teh hijau juga bisa memberikan manfaat baik untukmu. Kandungan katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga membantu mengurangi bau mulut.

Meningkatkan Fungsi Otak
Teh hijau juga termasuk minuman sehat berkafein. Kandungan tersebut tidak hanya bisa membuat kamu tetap waspada, tapi juga meningkatkan fungsi otak lo. Penelitian sudah menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan memori.

Namun, kafein bukan satu-satunya kandungan yang ada di balik manfaat teh hijau tersebut. Teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang bisa bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Agar Makin Percaya Diri, Inilah Cara Agar Kaki Terlihat Sehat dan Cerah

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait