Menarik! Inilah Fakta Unik Tangan Keriput Saat Lama Terendam Air

Kesehatan —Rabu, 1 Feb 2023 10:19
    Bagikan  
Menarik! Inilah Fakta Unik Tangan Keriput Saat Lama Terendam Air
Menarik! Inilah Fakta Unik Tangan Keriput Saat Lama Terendam Air *Pinterest

DepostJogja,-Setiap manusia tentunya pernah berendam atau lama berurusan dengan air, entah itu karena berenang, mandi, atau bermain air. Jika kita lama berendam dalam air maka jari tangan atau kaki kita biasanya akan keriput atau mengerut.

Apa kamu pernah penasaran kenapa tangan jadi keriput setelah lama kena air?Beberapa ahli mengatakan bahwa hal itu terjadi dikarenakan pembengkakan di kulit kita. Namun, pernah berpikir tidak, jika bagian yang mengalami keriput tersebut hanya terjadi dibagian kulit jari saja?

Menurut penelitian, apabila kita memotong saraf otak menuju tangan lalu ke kaki, maka keriput ini akan menghilang dan tidak akan pernah muncul lagi.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Jantung, Inilah Manfaat Buah Belimbing

Hal ini membuktikan bahwa fenomena jari mengeriput adalah perintah otak, bukan fenomena yang diakibatkan oleh keadaan terlalu lama terkena air.
Lalu kenapa otak kita menyuruh kulit jari untuk mengeriput?

Tangan yang halus memberikan daya tahan cengkeraman permukaan yang baik pada kondisi kering. Namun sebaliknya, tangan yang mengerut lebih memberikan daya tahan cengkeraman permukaan pada kondisi basah. Hal ini dianggap memperbesar gaya gesek saat licin.

Keriput yang terbentuk di jari tangan maupun kaki menjadikan jaringan drainase (saluran yang digunakan untuk menyalurkan massa air berlebih) yang akan menyalurkan air ke permukaan.

Dengan demikian cengkeraman tangan maupun kaki kita akan mempertahankan pegangan yang kuat.
Menarik bukan? Tubuh manusia memang punya banyak misteri, salah satunya adalah mengapa tangan jadi keriput setelah lama kena air.*Rin

Baca juga: Inilah Dampak Sering Menggunakan Fake Nails

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait