Inilah 4 Alasan Pemicu Insecure dengan Pencapaian Orang Lain

Kesehatan —Selasa, 17 Oct 2023 14:09
    Bagikan  
Inilah 4 Alasan Pemicu Insecure dengan Pencapaian Orang Lain
Ilustrasi.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTJOGJA - Ketika kita sering melihat pencapaian orang lain dengan proses yang sangat cepat dalam hidup mereka.
Seringkali merasa insecure atau merasa rendah diri dapat muncul. Ini adalah respons emosional alami yang sering kali dihadapi banyak orang. Perasaan ini memengaruhi kesejahteraan kita.
Kita mungkin merasa cemburu atau merasa kurang dari orang lain yang tampaknya sangat mudah untuk mencapai hidup mereka.
Sementara perasaan seperti wajar terlalu sering merasa insecure bisa menghambat perkembangan pribadi kita sendiri bahkan bisa merusak kesejahteraan mental.
Inilah 4 alasan yang membuat kita merasa insecure dengan pencapaian orang lain mengutip dari berbagai sumber.

1. Tidak percaya dengan kemampuan sendiri
Salah satu penyebab umum perasaan insecure saat melihat kesuksesan orang lain adalah kurangnya kepercayaan diri dalam kemampuan pribadi.
Ketika kita tidak yakin tentang aa yang sudah kita lakukan. Melihat orang lain mencapai kesuksesan membuat kita merasa bahwa kita tidak akan pernah bisa mencapai hal yang sama.

Baca juga: Misophonia Ciri Gangguan Mental, Seseorang yang Takut Akan Suara

2. Sering merasa tidak puas
Ketidakpuasan terhadap kehidupan pribadi kita adalah faktor lain yang bisa membuat kita merasa insecure saat melihat kesuksesan orang lain.
Ketika kita merasa tidak bahagia dengan aspek-aspek tertentu dalam hidup kita, seperti pekerjaan, hubungan, atau gaya hidup. Kita cenderung melihat kesuksesan orang lain sebagai perbandingan yang menyakitkan.

3. Merasa tidak berguna
Perasaan rendah diri atau merasa tidak berguna adalah masalah psikologis yang sering kali muncul saat kita melihat kesuksesan orang lain.
Kita mungkin bertanya-tanya apakah kita punya kontribusi yang berarti atau apakah kita benar-benar berharga.

4. Merasa sedih karena prosesnya lambat
Ketika kita merasa bahwa kesuksesan orang lain semakin meningkat dan kita semakin tertinggal, perasaan insecure bisa menjadi lebih intens.
Ini dapat menyebabkan stres dan depresi karena kita merasa bahwa kita tidak dapat mengejar atau mencapai apa yang orang lain telah tercapai.
Penting untuk menghindari perbandingan yang merusak kesejahteraan emosional kita. Alihkan fokus dari apa yang orang lain capai dan pertimbangkan apa yang sudah kita capai dalam hidup kita. Setiap pencapaian, sekecil apa pun, patut diapresiasi.
Cobalah untuk merencanakan langkah-langkah konkret menuju tujuan kita, dan ingatlah bahwa perjalanan menuju kesuksesan memerlukan waktu. (wdyqrrtlan)

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait