Ridwan Kamil: Jenazah Insya Allah Kembali ke Tanah Air di Hari Minggu

News —Jumat, 10 Jun 2022 12:18
    Bagikan  
Ridwan Kamil: Jenazah Insya Allah Kembali ke Tanah Air di Hari Minggu
Emmeril Khan Mumtadz, anak sulung Ridwan Kamil.


DEPOSTJOGJA,- Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya ditemukan di area Bendungan Engehalde, Swiss, Rabu (08/06/2022).  Proses pencarian selama kurang lebih 2 minggu pun membuahkan hasil. Rencananya Eril akan dimakamnya pada Senin (13/06/2022) mendatang. Jenazah Eril diperkirakan tiba di Indonesia pada Minggu (12/06/2022). Ridwan Kamil mengabarkan langsung hal ini dalam akun Instagramnya @ridwankamil pada Kamis malam.

“Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Insya Allah kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin,” tulis Gubernur Jawa Barat itu di salah satu unggahannya.

Namun, terkait lokasi pemakaman untuk Eril masih belum dikemukakan.

Setelah jasad Eril sudah ditemukan, Ridwan Kamil menuliskan rasa terima kasih dan juga permohonan doa. 

“Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya. Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril.  Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” papar Ridwan Kamil, ayahanda dari almarhum.

Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Kepergian Emmeril

Ridwan Kamil berangkat ke Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berangkat ke Swiss, Kamis (09/06/2022). Pihak keluarga yang sudah ada di Swiss mengawal pencarian memintanya segera datang ke Swiss.

Pemprov Jabar berinisiatif kembali menyampaikan permohonan izin gubernur ke luar negeri dengan alasan penting ke Kementerian Dalam Negeri. Gubernur izin selama 11 hari terhitung 9 - 19 Juni 2022.  Pengajuan izin tersebut setelah mendapat kabar dari Swiss ada perkembangan signifikan dari polisi Swiss yang terus mencari jasad anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, yang hilang di Sungai Aare, Bern. Hal ini diungkap Kepala Biro Adpim Jabar Wahyu Mijaya, Kamis (9/6/2022).

"Alhamdulillah izin sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9-19 Juni 2022," ujarnya

Untuk memastikan pemerintahan tetap berjalan, kata Wahyu, Wakil Gubernur  Uu Ruzhanul Ulum kembali menjadi pelaksana harian Gubernur Jabar sampai kembalinya Ridwan Kamil ke Tanah Air.

Baca juga: Jasad Putra Sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ditemukan di Bendungan Engehalde

Penemuan jasad

KBRI di Bern bersama keluarga Ridwan Kamil mengumumkan polisi Swiss telah menemukan jasad Emmril Kahn Mumtadz pada Rabu (08/06/2022). Jenazah ditemukan di Bendungan Engehalde Bern pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB.   

Sesuai prosedur  berlaku, tim forensik kepolisian segera mengidentifikasi dan menelusuri DNA, untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril.

"Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad DNA adalah Ananda Eril. Hal ini juga disampaikan secara official melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss" tuturnya.

Seperti juga yang dikemukakan ibunda Eril, Atalia Praratya dalam IG story nya @ataliapr, “Alhamdulillah Allahu Akbar! DNA sdh dinyatakan sama dengan saya… Innalillaahi wainna ilaihi raajiun…”

Selanjutnya pihak kepolisian Swiss menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jenazah ananda Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

Di tempat yang sama, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan, pihak keluarga akan menerima jasad Eril dan akan menyempurnakannya sebagaimana syariat Islam. Eril akan dimandikan, dikafani, disalatkan, dan dikuburkan dengan cara Islam.

"Keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim," kata Elpi.* (Dari berbagai sumber / PARISAINI R ZIDANIA)

 

Baca juga: “Indonesia Masters 2022” Masuki Babak 16 Besar

 

 

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait