Anang GSG dan Yossie Riyani Gelar Mini Konser Tembang Jawa Dalam Melestarikan Budaya Lokal

News —Selasa, 21 Mar 2023 10:52
    Bagikan  
Anang GSG dan Yossie Riyani Gelar Mini Konser Tembang Jawa Dalam Melestarikan Budaya Lokal
twitter

DepostJogja,-UA Management menggelar Mini Konser Yossie Riyani dan Anang GSG bertajuk Selalu Bahagia di Grobucks Cafe Yogyakarta. Mini Konser ini sarat dengan nuansa budaya lokal yakni tembang Jawa

Yossie Riyani dan Anang GSG merupakan penyanyi asal Sedayu Bantul Yogyakarta. Duo ini terbentuk dua tahun lalu. Single duet sudah diluncurkan. Yaitu Kudu Akur, Cidro Rosomu, Selalu Bahagia.

Setelah malang melintang di panggung musik Jateng – DIY melayani job konsumen, Yossie dan Anang berkeinginan menggelar konser. Mini Konser Selalu Bahagia implementasi cita-cita tersebut.

“Tujuan konser ini untuk mengenalkan lagu-lagu Yossie Riyani dan Anang GSG. Sekaligus menghibur para penggemar kami,” terang Yossie Riyani.
Duo YA (Yossie Anang) dimulai setelah duet lagu Selalu Bahagia. Akhirnya berlanjut hingga sekarang. Di mini konser ini dibawakan 11 lagu. Diiringi Totok Konco Dewe Entertainment. Dipandu pewara Poer Bonsai dan Sukir Iwak Gasir.

Yossie awal kemunculannya mengusung langgam. Single perdana Yossie: Kenya Yogya ciptaan Kodhe Mondoliko. Berbagai genre dimainkan Yossie, baik saat bersolo maupun duet dengan Anang. Yaitu langgam, keroncong dangdut, pop Jawa, campursari.

Yossie lahir di Cilacap 8 September 1982. Sudah punya lima single solo: Kenyo Yogya, Praon Cawan, Banyu Wagu Sewindu, Ati Dudu Cagak Wesi dan Kembang Waru.

Baca juga: Fitur dan Tampilan Grand Filano Hybrid-Connected

Sedang Anang lahir di Bantul 25 Juni 1978. Telah meluncurkan tiga single solo: Sik Tak Roso, Suara Kangen Ati, Wes Ilang Roso. Berkesenian sejak 1995.
“Saya dari tari. Lalu ngetoprak. Ngemsi trus pindah ke nyanyi. Sesekali ikut jatilan. Mbak Yossie pasangan bila saya ngemsi. Dari situ akhirnya kami duet nyanyi,” terang Anang yang tinggal di Karangasem Pedes Argomulyo Sedayu Bantul.

Yossie penyanyi baru. Namun langsung mendapat respons manis masyarakat. Menyanyi berawal ketidaksengajaan. Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat ibu dua anak ini akhirnya menjadi penyanyi.
"Karena tak ada kegiatan, sering nyanyi-nyanyi. Mendengar suara saya, teman menawari cover lagu rohani. Saya mengiyakan. Terus berlanjut bikin cover

lagu campursari, hingga akhirnya siap meluncurkan single perdana. Karena pandemi akhirnya jadi penyanyi," terang Yossie.
Pernah nyanyi di depan GKR Mangkubumi (putri sulung Sri Sultan HB X). "Banyak masukan saya dapat dari GKR Mangkubumi. Terutama terkait penampilan. Saya penyanyi langgam, maka tidak boleh salah kostum dan penampilan," kata Yossie.*R

Baca juga: Pantai Karapyak, Surga Tersembunyi di Pangandaran Jawa Barat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait