Resmi Dibuka, Tol Jogja Solo Dibuka Untuk Arus Mudik Lebaran Baca Aturannya

News —Sabtu, 15 Apr 2023 11:01
    Bagikan  
Resmi Dibuka, Tol Jogja Solo Dibuka Untuk Arus Mudik Lebaran Baca Aturannya
twitter

DepostJogja,-Tol Jogja Solo dibuka untuk arus mudik Lebaran 2023 mulai hari ini, Sabtu 15 April 2023. Sebelumnya, tol yang dibuka secara fungsional ini sudah diuji coba lebih dulu pada, Jumat 14 April 2023.

Perlu diingat Tol Jogja Solo belum dibuka menyeluruh dan baru sebagian saja. Yakni baru sepanjang 6 kilometer dari dari Ngasem-Kateguhan, Sawit, Boyolali.

Meskipun dibuka secara gratis, namun pemudik harus memperharikan beberapa hal ketika akan melintasi jangan bebas hampatan baru ini.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama menjelaskan fasilitas yang tersedia di Tol Jogja Solo belum lengkap.
Pengendara yang akan mudik melewati tol ini dianjurkan untuk membawa bekal yang cukup karena belum tersedia rest area.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah bahan bakar kendaraan pun harus tercukupi.
“Masyarakat yang mengemudi di sana juga tidak boleh kebut-kebutan, maksimal 40 kilometer per jam untuk mencegah kecelakaan. Semisal terjadi kecelakaan, dengan kecepatan itu enggak terlalu bahaya,” ujar Herdi, dikutip Sabtu 14 April 2023.

Nantinya Tol Jogja Solo hanya boleh dilewati mobil kecil-kecil, sedangkan kendaraan besar seperi bus dan truk dilarang masuk.
“Kalau kami lihat, ada kira-kira satu kilometer lagi yang belum beres, untuk lima kilometer sudah aman. Tol Jogja Solo fungsional hanya untuk mobil golongan I nonbus, jadi hanya mobil kecil-kecil. Bus, truk, enggak boleh masuk. Masuk tol masih gratis juga,” lanjutnya.

Baca juga: Simak Keunggulan Redmi Note 12 Pro 5G vs Samsung A34 5G

Sedangkan untuk jam operasional, tol ini sudah bisa dilewati mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.
Guna mengurai kemacetan yang berpotensi terjai, Herdi mengatakan Polres Boyolali juga menyiapkan jalur darurat atau emergency untuk kendaraan tol, derek, damkar, dan Pertamina.

“Arus dari Kateguhan Sawit ke Sanggung itu one way (saat mudik). Sementara, dari Sanggung ke Sawit juga one way (untuk arus balik),” imbuhnya.

Nantinya akan diberlakukan sistem buka-tutup tol jika terjadi penumpukan kendaraan dipintu masuk tol.
“Jadi saat arus mudik, kendaraan masuk dari Ngasem. Ketika kami pantau daerah sana ada penumpukan, kami tutup pintunya. Masyarakat bisa lewat Kartasura, akan tetapi ketika sudah normal lagi, jalan lagi. Jadi buka-tutup sistemnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Rachmat Jesiman Putra menyatakan jika Tol Jogja Solo sudah bisa untuk dilewati pemudik.

Sejumlah Rambu lalu lintas dan lampu penerang pun sudah terpasang.
Pemudik pun tak dipungut tarif tol alias gratis selama pembukaan secara fungsional Tol Jogja Solo ini.

Baca juga: Hidangan Lebaran, Berikut Cara Membuat Ketupat yang Enak dan Legit

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait