Penyebab User iPhone Tidak Ada Layanan, Berikut Cara Mengatasinya!

News —Senin, 8 May 2023 11:53
    Bagikan  
Penyebab User iPhone Tidak Ada Layanan, Berikut Cara Mengatasinya!
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,-Sejumlah pengguna iPhone kerap mengeluhkan kondisi sinyal hilang atau jaringan tidak anda. Saat sinyal hilang, bagian pojok kanan atas layar atau bar sinyal akan menampilkan tulisan “no service” atau “tidak ada layanan”. Banyak yang bertanya kenapa sinyal iPhone hilang dan cara mengatasinya.

Notifikasi atau tulisan “no service” menginformasikan bahwa iPhone tidak terhubung dengan jaringan seluler. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Mengingat ponsel baik iPhone maupun Android membutuhkan sinyal atau jaringan untuk berkomunikasi dan mengakses internet.

Ketika iPhone hilang sinyal maka pengguna tidak bisa menggunakan ponselnya untuk panggilan telepon, berkirim pesan, hingga mengakses internet. Apabila mengalaminya, Anda tidak perlu cemas terlebih dulu. Ada sejumlah cara untuk mengembalikan jaringan di iPhone menjadi normal seperti semula.

Penyebab Sinyal iPhone Hilang
Sinyal pada ponsel iPhone bisa hilang karena beberapa penyebab. Berikut sejumlah faktor yang menyebabkan iPhone anda tidak ada jaringan.

Baca juga: Ini Dia Harga Terbaru Yamaha NMAX 2023

Berada di Luar Jangkauan Area Operator Seluler
Salah satu penyebab iPhone anda hilang sinyal adalah ketika berada di luar jangkauan area operator seluler. Kondisi ini akan anda alami ketika sedang berada di suatu lokasi di luar jangkauan operator. Bisa itu di daerah pedalaman, pegunungan, pesisir pantai, dan lainnya. Saat berada di luar jangkauan operator, iPhone anda akan kesulitan menerima sinyal.

Adanya Bug pada Sistem Perangkat Lunak
Penyebab lain yang membuat jaringan iPhone Anda tidak ada adalah bug. Bug yang mengganggu sistem perangkat lunak membuat sinyal iPhone menjadi hilang atau tidak terbaca. Biasanya saat kondisi ini, Apple akan memberikan perbaikan lewat pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan operator seluler.

Kerusakan Hardware
Kemungkinan yang membuat iPhone hilang sinyal adalah adanya kerusakan pada bagian hardware atau perangkat keras. Hardware yang berperan menerima jaringan seluler biasa dikenal dengan IC Baseband atau IC Sinyal. Saat IC Baseband rusak, maka iPhone tidak bisa menerima sinyal meski sudah dipasangi kartu SIM.

IMEI Tidak Terdaftar
Penyebab iPhone hilang sinyal juga bisa karena IMEI belum terdaftar. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor internasional yang terdiri dari 15 digit. Apabila IMEI tidak terdaftar maka akses jaringan seluler ke iPhone Anda akan terblokir.

Baca juga: Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pertandingan FIBA World Cup 2023

Cara mengatasi iPhone tidak ada layanan atau hilang sinyal Salah satu cara mengatasi iPhone tidak ada layanan atau sinyal yang mendadak hilang adalah dengan melakukan reset atau mengatur ulang jaringan di perangkat Anda. Adapun cara reset iPhone adalah sebagai berikut, Di rangkum dari laman resmi dukungan Apple:

  1. Nyalakan iPhone Anda.
  2. Buka menu "Pengaturan" atau "Settings" dengan klik ikon gerigi roda
  3. Kemudian, gulir hingga menemukan opsi "Umum" atau "General", lalu klik opsi tersebut
  4. Lalu, klik opsi "Transfer atau Atur Ulang iPhone" atau "Transfer or Reset iPhone"
  5. Klik opsi "Atur ulang" atau "Reset"
  6. Setelah itu, bakal muncul banner baru yang menampilkan beberapa opsi untuk mengatur ulang iPhone
  7. Klik opsi "Atur Ulang Jaringan" atau "Reset Network Settings", lalu Anda diminta untuk mengkonfirmasi ulang permintaan untuk mengatur ulang jaringan dengan klik "Atur Ulang Jaringan" sekali lagi

Setelah Anda selesai mengkonfirmasi perintah tersebut, iPhone Anda akan mati dan memuat ulang perangkat. Opsi "Atur Ulang Jaringan" akan mengatur ulang seluruh pengaturan yang ada di jaringan, termasuk pengaturan WiFi, VPN, dan APN.

Apabila setelah reset jaringan ternyata belum memperbaiki kondisi sinyal hilang, Apple juga menyarankan cara lain, yakni dengan melepas dan memasukkan kembali kartu SIM yang ada di iPhone Anda. Baca juga: Cara Log Out Akun Google dari Laptop Orang Lain Lewat HP

Android dan iPhone Pada tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 15.0.2. Dengan versi iOS yang berbeda, mungkin tahapan cara reset jaringan iPhone juga akan berbeda. Demikian cara mengatasi iPhone tidak ada layanan atau hilang sinyal. Selamat mencoba!. *R

Baca juga: Liga Spanyol Villarreal vs Espanyol, Prediksi Skor, Head to Head, Line up Pemain

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait