Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dipraktikan Oleh Ibu Hamil

Olahraga —Kamis, 18 Jan 2024 15:48
    Bagikan  
Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dipraktikan Oleh Ibu Hamil
ilustrasi (Pinterest)

DEPOSTJOGJA - Bagi ibu hamil, penting untuk mengetahui apa saja olahraga ibu hamil yang aman untuk dilakukan. Sebab, meski dianjurkan untuk lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan juga janin dalam kandungan, bukan berarti seorang ibu hamil tidak bisa melakukan olahraga sama sekali. Justru olahraga sangat disarankan untuk ibu hamil agar bisa menjaga kebugaran tubuh serta janin tetap sehat di dalam kandungan.

Bukan cuma itu, olahraga untuk ibu hamil muda ternyata bisa memberikan sejumlah manfaat lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua olahraga boleh dan bersifat aman dilakukan saat Anda mengandung.

Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Berjalan Kaki

Berjalan kaki di pagi hari merupakan salah satu jenis olahraga untuk ibu hamil 7 bulan hingga 9 bulan. Olahraga ini sangat ringan, mudah, dan tidak memerlukan peralatan khusus sehingga kerap menjadi pilihan banyak orang. Anda bisa berjalan kaki keliling taman atau kompleks perumahan selama 30 menit setiap hari.

Renang

Berenang adalah olahraga udara yang bisa dinikmati ibu hamil di udara dengan bermacam gaya renang. Berenang akan membantu meningkatkan pernapasan sehingga bagus untuk persalinan serta memperkuat otot tubuh.

Baca juga: Mitos Gelap Tentang Kucing Hitam, Pembawa Kematian

Saat sedang hamil, berenang adalah olahraga yang sangat nyaman untuk dicoba karena udara akan menopang berat badan yang bertambah, mengurangi tekanan pada persendian dan juga punggung.

Pilates
Olahraga sehat selanjutnya bagi ibu hamil adalah pilates. Pilates merupakan olahraga yang bagus untuk memperkuat otot dan mengencangkan tubuh, serta membantu mengontrol pernapasan Ibu Hamil.
Anda dapat mencoba kelas pilates khusus untuk kehamilan, yang berfokus pada mengendurkan otot dan memperkuat dasar panggul sebagai persiapan melahirkan.

Jika ingin mengikuti kelas pilates reguler, pastikan untuk memberi tahu instruktur Anda bahwa Anda sedang hamil sehingga mereka dapat menyesuaikan peregangan tertentu untuk Anda.

Sepeda Statis

Berolahraga dengan sepeda statis di gym juga menjadi rekomendasi lainnya untuk ibu hamil. Latihan kardio satu ini akan membantu Anda mengontrol berat badan, melatih keseimbangan tubuh, serta mengerjai otot dan sendi. Selain itu, bersepeda juga diketahui dapat  menjaga kesehatan jantung

Baca juga: Waktu Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait