Solusi Pejuang Diet, Berikut Cara Menahan Nafsu Makan

Pendidikan —Jumat, 14 Oct 2022 10:08
    Bagikan  
Solusi Pejuang Diet, Berikut Cara Menahan Nafsu Makan
Cara Menahan Nafsu Makan, Solusi Untuk Pejuang Diet (Foto: Pinterest)

DEPOSTJOGJA,-Nafsu makan terkadang sulit untuk kamu kendalikan. Terkadang, nafsu makan bisa berkurang, tetapi juga bisa menjadi berlebih. Kali ini, Fimela akan membahas mengenai nafsu makan yang berlebih itu.

Nafsu makan berlebih mampu memberikan dampak kesehatan. Apabila pola makan menjadi tak ideal, risiko obesitas bisa menghantuimu. Maka dari itu, kamu perlu mengontrol nafsu makan agar tak berubah menjadi malapetaka.

Fimela sudah merangkum lima tips menghilangkan nafsu makan yang berlebih. Dikutip dari houstonmethodist.com, berikut beberapa caranya yang pasti aman dan menyehatkan bagi kamu!

Cara menghilangkan nafsu makan berlebih

1. Biasakan diri dengan porsi yang ideal

Ukuran porsi makanmu sangatlah penting. Untuk menjaga nafsu ketika melihat makanan, cobalah memperhatikan label makanan sebelum memutuskan untuk memakannya. Kamu perlu mempertimbangkan makanan bernutrisi cukup dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan harianmu

Baca juga: Terbaru! Rizky Billar Resmi Jadi Tersangka Atas Kasus KDRT

2. Makan makanan mengandung serat

Makanan tinggi serat cenderung membuatmu kenyang dalam waktu lama. Rasa kenyang ini dapat membantu mengurangi kecenderungan untuk makan berlebihan. Kamu bisa mendapatkan makanan tinggi serat melalui konsumi buah dan sayur secara rutin.

3. Hindari melewatkan waktu makan

Melewatkan makan saat sudah waktunya bisa menyebabkan kelaparan. Saat rasa lapar semakin terasa, kamu bisa secara tidak sengaja menghabiskan makanan secara berlebihan. 

4. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Ketika keinginan makan muncul di waktu yang tidak seharusnya, beberapa teguk air dapat membantumu menahan rasa lapar itu. Menjaga asupan air sepanjang hari mampu membantu menghindari rasa lapar yang sebenarnya bukan karena kelaparan.

Baca juga: The Tinder Swindler Diambil Berdasarkan Kisah Nyata

5. Jangan makan dengan terburu-buru

Salah satu cara efektif mengurangi nafsu makan adalah dengan memperlambat durasi makan. Fokuskan diri kamu dan nikmati setiap gigitannya agar waktu makan terasa lebih mindful.

Itulah beberapa cara mengurangi nafsu makan berlebih yang bisa kamu praktikkan. Intinya, kamu perlu mengaplikasikan berbagai cara sehat seperti di atas dan menghindari diet ketat yang tak seimbang. (RATIH ANJANI)

Baca juga: Video CCTV Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Lesti, Kembali Menjadi Bahan Perbincangan Warga Net

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait