Masih Jadi Misteri Soal Kedalaman Dasar Palung Laut Banda

Pendidikan —Rabu, 23 Nov 2022 10:48
    Bagikan  
Masih Jadi Misteri Soal Kedalaman Dasar Palung Laut Banda
Pinterest

DepostJogja,- Laut Banda berada pada area kepulauan Maluku atau lebih tepatnya di bagian barat daya pulau Ambon dengan luas kisaran 500 x 1000 km persegi. Sedangkan dataran terdekat dengan laut tersebut adalah kepulauan Banda (Banda Naira) yang sudah terkenal sejak jaman sebelum masehi karena potensi Pala dan Fuli yang dimiliki daerah tersebut.

Laut Banda adalah salah satu lokasi di mana eksotisme dan misteri dapat dengan mudah hidup berdampingan. Pemandangan indah yang terselubung dalam misteri menutupi “kumpulan” air yang selaras dengan deburan ombak yang dinamis. Laut Banda mengandung palung laut terdalam di Indonesia yang menjadi penyebabnya.

Baca juga: Misteri Tenggelamnya Tank di Danau Ranu

Laut Banda terkenal memiliki palung laut dengan kedalaman hampir 7000 meter, sehingga para penyelam hingga saat ini tidak mungkin mencapai dasarnya. Dasar laut tidak dapat diterangi oleh matahari saja. Salah satu perairan terdalam di dunia adalah Laut Banda. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat banyak spesies yang menghuni perairan tersebut, sehingga wajar jika terdapat ikan-ikan yang tidak lazim yang sering ditemukan oleh para nelayan.

Menurut cerita turun - temurun dari beberapa penumpang kapal jalur Ambon - Tual - Saumlaki, pernah mereka melihat binatang - binatang laut raksasa ketika melintas Laut Banda seperti ikan paus, gurita, kura - kura dll. Wajar saja kalau tempat ini berhasil menarik perhatian dunia.
Kawasan ini masih meninggalkan misteri karena belum ada seorang pun yang melihat dasar laut di area palung, , tekanan laut pun menjelma jadi rintangan lain, dan tentu saja belum ada penyelam yang mampu mencapai dasar. Ada yang beranikah? (rin)

Baca juga: Ngeri! Semua Akan Hilang Jika Melewati Segitiga Bermuda

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait