Berbagai Mitos Pulau Dewata

Pendidikan —Selasa, 7 Mar 2023 13:35
    Bagikan  
Berbagai Mitos Pulau Dewata
Pinterest

DepostJogja,-Bali selalu diidentikkan dengan keindahan pantainya, keramahan orang-orangnya, dan juga budayanya yang unik. Selain itu, pulau ini juga memiliki cerita-cerita mistis yang terus menerus disebut-sebut oleh masyarakat Bali hingga saat ini. Mitos Bali merupakan sejumlah kisah mistis yang menjadi bagian dari kebudayaan Bali. Mitos-mitos ini bukan hanya sekadar cerita, tapi juga memiliki makna dan pesan moral yang dalam. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang kepercayaan dan kebudayaan masyarakat Bali dengan membahas mitos-mitos yang terkenal di Bali.

Asal Mula Terbentuknya Pulau Dewata
Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Mitos Bali menceritakan tentang asal usul terbentuknya Pulau Dewata ini. Dikatakan bahwa Pulau Bali terbentuk dari puncak Gunung Mahameru yang dipotong oleh Dewa Siwa dan dilemparkan ke laut. Kemudian, seorang dewi cantik bernama Dewi Danu menjaga dan memelihara pulau ini.

Baca juga: Menjadi Landmark Kota Yogyakarta: Inilah Sejarah Malioboro

Mitos tentang Air dan Sumber Kehidupan
Dewi Danu merupakan dewi yang dipuja sebagai pelindung sumber air di Bali. Mitos Bali menyebutkan bahwa air sangat penting bagi masyarakat Bali, karena air adalah sumber kehidupan. Dewi Danu digambarkan sebagai sosok wanita cantik dengan busana tradisional Bali yang selalu dipuja setiap kali akan memohon kesuburan dan keberkahan dalam bertani.

Rangda dan Barong: Mitos tentang Pertempuran Kekuatan Terang dan Gelap
Rangda dan Barong merupakan mitos tentang pertempuran antara kekuatan terang dan gelap. Rangda digambarkan sebagai sosok wanita yang sangat menakutkan dengan rambut acak-acakan dan gigi tajam. Sedangkan Barong merupakan sosok singa yang dipercaya memiliki kekuatan magis dan bisa membawa keberuntungan.

Leyak: Mitos tentang Makhluk Halus yang Menakutkan
Leyak adalah salah satu makhluk halus yang menyeramkan dan terkenal di Bali. Mitos Bali menyebutkan bahwa Leyak merupakan sosok wanita yang berwujud kepala yang terbang di malam hari untuk mencari darah. Menurut kepercayaan.*R

Baca juga: Inilah Skor Akhir Manchester United vs West Ham Dalam Laga FA Cup 2022-2023

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait