6 Fakta Unik Lumba-lumba yang Sangat Menarik Untuk di Ketahui

Pendidikan —Selasa, 17 Oct 2023 13:33
    Bagikan  
6 Fakta Unik Lumba-lumba yang Sangat Menarik Untuk di Ketahui
PINTEREST

DEPOSTJOGJA - Banyak sekali anak kecil yang sangat menyukai atraksi lumba-lumba dan mungkin kamu salah satunya. Bahkan tidak banyak dari sekolah dasar yang sengaja untuk melihat atraksi lumba-lumba sebagai hiburan.
Namun apakah kalian tahu bahwa lumba-lumba memliki banyak fakta yang sangat menarik untuk kalian ketahui.
Mengutip dari beragam sumber, lumba-lumba merupakan hewan mamalia air, dan lumba-lumba juga di ketahui banyak orang, hewan ini dikenal lucu, imut juga hewan ini dapat bersahabat dengan manusia. Namun apakah kalian tahu bahwa lumba-lumba termasuk hewan yang sangat agresif, dan hal itu masih belum diketahui oleh banyak orang.
Dengan bentuk mulutnya yang melengkung dan mempunyai gigi yang kecil, maka banyak yang melihat bahwa lumba-lumba ini tampak seperti tersenyum.
Pada umumnya lumba-lumba hidup di laut dan perairan pulau sepanjang garis pantai. Akan tetapi bada, terdapat juga beberapa spesies lumba-lumba yang hidup di air tawar. Maka inilah beberapa fakta unik dari hewan lumba-lumba.

• Mampu berkomuniasi dengan baik
Sebagian orang mengetahui bahwa lumba-lumba adalah hewan yang cukup pintar dan menurut, namun siapa sangka bahwa hewan ini memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik.
Mamalia ini ternyata memiliki rentang vocal yang cukup beragam daripada hewan lainnya. Hewan ini akan menggunakan jenis suara untuk saling berkomunikasi dan menemukan objek di dalam air, dengan jenis vocal mulai dari jeritan, rintihan, squawks, suara peluit dan yang lainnya.

• Hidup berkelompok
Ternyata lumba-lumba adalah hewan yang berkelompok dan mungkin beberapa orang telah mengetahuinya. Sekelompok lumba-lumba sering kali menyingkronkan gerakan mereka, maka dari itu hal ini membuat pertunjukan menjadi menarik bagi siapa saja yang melihatnya.
Biasanya lumba-lumba bisa berkelompok dengan jumlah setidaknya lima, bahkan bisalebih maka dari itu hal itu akan sangat menakjubkan.

Baca juga: Kisah Chairul Tanjung Konglomerat Indonesia, Sukses Seperti Membalikan Telapak Tangan Itu Omong Kosong

• Memiliki otak yang berukuran besar
Ternyata di bandingkan hewan lainnya lumba-lumba ini memiliki otak yang cukup besar, bahkan otak lumba-lumba lebih besar dari kebanyakan otak manusia.
Bagian dari yang menonjol lumba-lumba ini adalah tingkat kecerdasannya, dikarenakan ukuran otak hewan ini cukup besar.

• Bisa hidup dengan waktu yang lama
Ternyata mamalia air ini termasuk salah satu hewan yang memiliki masa hidup lama, lumba-lumba hidung botol biasanya akan bertahan hidup sekitar 20 tahun, dan bahkan para peneliti juga menunjukan bahwa lumba-lumba bisa hidup hingga 40 s.d 50 tahun.
Bahkan ada seekor lumba-lumba betina yang di dokumentasikan untuk hidup mencapai 60 tahun. Jika lumba-lumba ingin mempunyai masa hidup yang lebih lama maka mereka harus menghindari berbagai macam penyakit dan parasit yang mampu mengancam nyawanya.

• Bekerja keras untuk bisa bernafas
Fakta unik lainnya adalah kegiatan bernafas mereka yang membutuhkan upaya lebih besar, hal ini mungkin mengejutkan bagi yang belum mengetahuinya karena lumba-lumba tidak bisa bernafas di dalam air sebagi mamalia.
Karena lumba-lumba akan menghirup udara ke paru-paru sama halnya dengan manusia, mereka bernafas melalui lubang hidung yang ada di bagian atas kepala mereka yaitu lubang sembur.
Lumba-lumba bisa menahan nafas namun akan ernafas 4-5 kali permenitnya.

• Mampu melihat melalui suara
Ternyata lumba-lumba menggunakan ekolokasi untuk memburu dan bernavigasi hal ini sama dengan kelelawar, maka nantinya gema akan diarahkan ke telinga dan otak yang kemudian mereka tafsirkan. Lumba-lumba pada dasarnya dapat melihat dengan suara.
Itulah beberapa fakta unik tentang lumba-lumba yang bisa kalian ketahui mulai dari sekarang, dan semoga bisa bermanfaat. (EricaRFeby)

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait