Mengenal Hewan Fauna Yang Hanya Ada di Indonesia

Pendidikan —Jumat, 27 Jan 2023 16:33
    Bagikan  
Mengenal Hewan Fauna Yang Hanya Ada di Indonesia
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Indonesia memiliki salah satu fauna yang hanya ada di Indonesia dan merupakan salah satu predator yang sangat ditakuti di alam. Hewan tersebut adalah Komodo yang saat ini statusnya sebagai hewan yang dilindungi. Tahukah kamu komodo berasal dari daerah mana di Indonesia ini?

Komodo, atau yang selengkapnya dinamakan biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di alam yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga dinamakan dengan nama setempat ora. Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang mulia dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang.

Habitat komodo di alam lepas sama sekali telah menyusut dampak perkara manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak mulia ini kini diamankan di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan sebagai melindungi mereka.

Baca juga: Kisah Legenda Nyi Bomas Inten, Patung Perempuan di Telaga Biru Cicerem

Termasuk bagian famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo adalah kadal terbesar di alam, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang mulia ini mengadakan komunikasi dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak keadaan mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena mulia tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo secara alami hanya ditemui di Indonesia, di pulau Komodo, Flores dan Rinca dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara.nHidup di padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah, biawak ini menyukai tempat panas dan kering ini. Mereka giat pada siang hari, walaupun kadang-kadang giat juga pada malam hari. Komodo adalah binatang yang penyendiri, berkumpul bersama hanya pada masa makan dan mengembang biak.

Reptil mulia ini bisa berlari cepat sampai 20 kilometer per jam pada jarak yang pendek berenang dengan sangat baik dan bisa menyelam sedalam 4.5 meter serta bijak memanjat pohon menggunakan cakar mereka yang kuat. Lidah pada Komodo berfungsi menandai musuh dari jarak yang sangat jauh. Air liurnya berbusa dan mengandung bakteri yang sangat mematikan. Komodo sendiri memangsa hewan-hewan seperti rusa, kerbau, burung maleo, ular, reptile, dan hewan-hewan kecil lainnya. (Ririn)

Baca juga: Bahaya Lemak Darah atau Kolestrol Tinggi, KenaliPenyebab dan Cara Mengatasinya

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait