Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Kulit

Kesehatan —Jumat, 10 Feb 2023 11:29
    Bagikan  
Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Kulit
Pinterest

DepostJogja,- Lemon tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan tubuh saja. Tapi, rupanya lemon juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama pada kulit wajah.
Buah lemon merupakan buah yang menghadirkan rasa segar ketika dikonsumsi.

Selain itu, lemon ini sering dijadikan sebagai penambah rasa pada makanan maupun minuman agar terasa semakin segar, meskipun rasa asamnya sangat dominan. Buah ini terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dibandingkan dengan jenis jeruk-jeruk lainnya.

Dengan begitu, membuat buah ini sering digunakan untuk resep pengobatan tradisional, salah satunya untuk mengobati jerawat yang ada pada wajah.

Berikut adalah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan wajah, di antaranya:
1. Mengatasi Jerawat
Buah lemon yang memiliki kandungan asam sitrat di dalamnya membuat sifat astrigen alami yang merupakan zat kimia berbasis air dan bermanfaat untuk membersihkan wajah.
Zat astrigen juga dapat mengencangkan pori-pori dan membantu menghilangkan minyak berlebihan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.
Selain itu, tingkat keasaman yang cukup tinggi juga memiliki efek antibakteri atau antimikroba, yang dapat membantu mengurangi inflamasi sehingga dapat mencegah jerawat tumbuh dan meradang.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Tubuh Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

2. Menghilangkan Komedo
Buah lemon yang mengandung asam sitrat merupakan bentuk alami dari Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA adalah sekelompok asam yang diturunkan dari tumbuhan dan hewan, biasanya digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.
Produk perawatan anti-aging harian seperti serum, toner, dan krim bisa membantu dalam proses pengangkatan komedo atau sel-sel kulit yang mati.

3. Meredakan Gatal
Baca Juga: Rilis Hari Ini! Segini Harga Oppo Reno 8T Dibekali Prosesor Kuat Gaming dengan Kamera Tajam dan Layar Luas
Manfaat buah lemon untuk wajah selanjutnya adalah membantu meredakan gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Perasan buah lemon memiliki sifat antijamur.
Selain itu, lemon juga dapat membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

4. Mencerahkan Kulit Wajah
Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Sebab vitamin C ini merupakan antioksidan agar dapat melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel ,serta salah satu faktor kulit kusam.
Vitamin C ini juga dapat menghambat produksi melanin di kulit sehingga membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, serta meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

5. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan
Dengan seiring bertambahnya usia, pastinya banyak perubahan yang terjadi pada kulit, terutama wajah.
Menurunya kadar kolegen dapat menimbulkan bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam. Dengan begitu, wajah seringkali dianggap sudah mengalami penuaan.
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon ternyata tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat mengurangi garis-garis halus pada kulit wajah. (R)

Baca juga: Makanan Yang Mengakibatkan Asam Urat Jika Dikonsumsi Berlebihan

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait