KPU Lakukan Pengundian Nomor Urut Pasangan Capres/Cawapres, Ini Hasilnya

News —Kamis, 16 Nov 2023 16:46
    Bagikan  
KPU Lakukan Pengundian Nomor Urut Pasangan Capres/Cawapres, Ini Hasilnya
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah selesaikan tugasnya, melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Selasa 14 November 2

DEPOSTJOGJA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah selesaikan tugasnya, melakukan pengundian  nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Selasa 14 November 2023.

Hasil dari pengundian itu adalah, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapatkan nomor urut 1.

Pasangan dengan tagline AMIN ini diusung oleh Koalisi Perubahan, didukung oleh Partai NasDem, PKS, PKB dan Partai Ummat.

Sementara, pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mendapat nomor urut 2.

KIM didukung oleh Partai Gerindra, PAN, PBB, Demokrat, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Prima, dan PSI.

Sedangkan, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mendapatkan nomor urut 3.

Sebelum mengambil nomor urut paslon, para cawapres, yakni Cak Imin, Mahfud, dan Gibran, mengambil nomor antrean.

Cak Imin mendapatkan nomor antrean 8, Mahfud nomor urut 10, dan Gibran nomor urut 14.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari lantas memanggil capres-cawapres urut dari nomor terkecil.

Anies-Muhaimin berkesempatan untuk mengambil satu dari tiga tabung berisi nomor yang tersedia di dalam kotak kaca.

Selanjutnya Ganjar-Mahfud dipersilakan mengambil tabung kedua dan diikuti dengan Prabowo-Gibran yang mengambil tabung terakhir yang ada di kotak kaca.

Baca juga: Chris Martin Coldplay Diduga Pro LGBT, Benarkah demikiam? Cek Penjelasan Berikut ini

Pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres tersebut dilaksanakan di kantor KPU, Jakarta, pada sekitar pukul 20.30 WIB yang dihadiri oleh ratusan orang.

Untuk acara pengundian nomor urut paslon ini, KPU telah menyediakan 22 kursi untuk pimpinan partai politik atau partai koalisi. Serta, 150 kursi untuk pengurus fungsional maupun pihak-pihak yang diundang oleh paslon capres-cawapres.

KPU menerangkan, pengambilan nomor untuk para pasangan yang maju dalam kontestasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 itu dilakukan dalam dua tahap.

Anggota KPU ,  Idham Kholik menjelaskan, tahap pertama merupakan pengundian nomor antrean untuk pengambilan nomor undian sesuai dengan urutan waktu pendaftaran.

“Pengambilan nomor antrian ini urutannya sesuai dengan waktu pendaftaran di rentang tanggal 19 sampai tanggal 25 Oktober pendaftaran pertama, pendaftaran kedua, dan pendaftaran ketiga mereka mengambil nomor antrian pengundian,” jelas Idham, Selasa 14 November 2023.

Artinya, pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU pertama kali, berkesempatan untuk mengambil nomor undian antrean terlebih dahulu.

Pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPU, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan kemudian Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Nanti setelah itu baru berdasarkan hasil penarikan nomor antrean ini mereka melakukan pengambilan nomor undian,” sambungnya.

Kegiatan pengundian nomor ini diawali dengan registrasi pada pukul 17.30 WIB, kemudian jamuan makan malam atau gala dinner pada pukul 18.30 WIB.

“Nanti kami persilahkan bagi pihak-pihak, yang kami undang beragama Islam, untuk melaksanakan kegiatan salat magrib di masjid yang ada dalam lingkungan KPU,” jelas Idham.

Selanjutnya, pada pukul 19.30 WIB, KPU memulai sidang pleno terbuka untuk mengundi nomor urut paslon capres-cawapres.

“(Pukul) 19.30 kami baru memulai sidang pleno terbuka untuk melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden,” tuturnya.

 

Baca juga: Fenomena Jembatan Kereta Api Cikacepit, Bukit Jejak Keemasan Kereta Api di Pangandaran

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait