Resep Makanan: Cara membuat Bakpia kukus Tugu Jogja

Kuliner —Rabu, 2 Jun 2021 14:23
    Bagikan  
Resep Makanan: Cara membuat Bakpia kukus Tugu Jogja
Bakpia kukus Tugu Jogja (image: Pinterest)

Yogyakarta, Depostjogja
Jogja itu emang ngangenin, siapa sih yang gak tau kota jogja dengan sejuta keindahan yang mempesona hati para wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. banyak makanan enak lho di jogja, salah satunya adalah makanan khas jogja yaitu bakpia jogja.

berbicara tentang makanan khas jogja (bakpia kukus) ini emang bikin nagih deh, apalagi dengan banyak varian rasa yang bisa kita cicipi bikin penasaran untuk membuatnya. maka dari itu, pada kesempatan kali ini mimin bakal berbagi sedikit tips Cara membuat Bakpia kukus tugu jogja yang bisa anda coba nantinya.

saya yakin kalian pernah maen ke jogja untuk liburan atau berwisata ke kota pelajar ini, pas pulangnya pasti bakal cari oleh-oleh khas jogja seperti Bakpia kukus atau mungkin bakpia panggan dengan varian dan cita rasa khas ala kota tugu jogja.

buat kalian yang mungkin belum pernah mencicipi Makanan khas jogja ini (bakpia kukus / panggang), gak perlu khawatir karena kali ini mimin bakalan ngeshare resep dan cara membuat Bakpia kukus khas jogja dengan mudah dan nikmat.

Resep bakpia kukus jogja – Sajian sedap

mari kita kupas Rahasia membuat bakpia kukus ala Tugu Jogja yang Lembut dan sedap untuk di sajikan sebagai hidangan di rumah anda dengan keluarga tercinta. berikut bahan-bahannya :

  • sediakan 40 gr (coklat, kacang ijo/merah, keju) sebagai isi varian rasa 
  • sediakan 40 gr susu cair full cream
  • sediakan juga 40 gr susu bubuk  
  • 150 gr (sugar) gula pasir dengan merk terbaik
  • kemudian 80 gr tepung terigu
  • siapkan juga 120 mili minyak sayur yang Fresh (bukan bekas yah)
  • sediakan 1 sendok teh pasta vanilla
  • dan membutuhkan 4 butir telur

Baca Juga: Resep Makanan: Cara membuat Tengkleng Gajah Khas Yogjakarta

Langkah Pembuatan Bakpia Kukus tugu Jogja: 

  1. siapkan terlebih dahulu untuk varian isi – jika varian yang digunakan keju, maka lumerkan terlebih dahulu kejunya sampai meleleh dengan api yang pas. jangan lupa tambahkan sedikit susu untuk mengurangi rasa asin pada lumeran keju
  2. Campurkan adonan – dari bahan-bahan yang sudah anda siapkan diatas buatlah menjadi satu adonan dengan menggunakan mixer planetary revon atau mixer spiral revon untuk membuat adonan menjadi merata, lembut dan kental. tambahkan susu bubuk ke adonan yang sudah lembut dan merata tersebut untuk di adoni kembali.
  3. Buat bentukan Bakpia dengan menggunakan Plastik – jika proses pengadonan sudah sampai tahap akhir, artinya langkah berikutnya adalah memasukan adonan tersebut ke cetakan bakpia. dalam hal ini kalian bisa menggunakan plastik yang di buat kerucut untuk membuat bentukan dari bakpia kukus
  4. Siapkan Loyang – Gunakan Loyang Alumunium Aloy (bisa anda dapatkan di Revon ) dengan ukuran 40 x 60 cm. tempatkan bakpia kukus yang sudah anda buat di atas loyang alumunium ini
  5. Proses Pengukusan – Tahap terakhir adalah dengan mengukus adonan yang sudah di cetak menjadi bakpia. Masukan bakpia ke Mesin pengkukus bakpia (mesin steamer bakpia). untuk mesin pengukus gas otomatis stainless sangat di rekomendasikan buat kalian yang saat ini memiliki usaha seperti bakpia kukus, dimsum, atau usaha catering.
Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait