FIFA Batalkan Peru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U 17 2023, Ini Alsannya

Sepak Bola —Kamis, 6 Apr 2023 15:10
    Bagikan  
FIFA Batalkan Peru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U 17 2023, Ini Alsannya
twitter

DepostJogja,-Peru batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Sepintas, apa yang dialami negara dari benua Amerika sama dengan Indonesia.

Tetapi sesungguhnya, permasalahan Peru dan Indonesia berbeda. FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Alasannya masalah infrastruktur.

FIFA menilai, Peru tidak mampu memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

"Langkah itu diambil karena ketidakmampuan negara tuan rumah dalam memenuhi komitmen menyelesaikan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen," tulis FIFA.

Selanjutnya, FIFA akan menunjuk tuan rumah baru menggantikan Peru. Sementara itu, Piala Dunia U17 2023 rencananya bakal tetap berlangsung sesuai jadwal semula.

Terkait batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia. FIFA menggunakan alasan "situasi terkini" sebagai dasar pencabutan status tuan rumah Indonesia pada turnamen elite level junior tersebut.

Baca juga: Prediksi Skor PSIS Semarang vs PSM Makassar BRI Liga 1 Malam Ini

Penolakan terhadap partisipasi timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 diduga menjadi alasan FIFA mengahapus Indonesia sebagai tuan rumah.

Peru dan Indonesia memang senasib, yakni sama-sama gagal menjadi tuan rumah turnamen FIFA. Akan tetapi, dalam surat resmi pencabutan status tuan rumah, FIFA menerapkan pendekatan berbeda terhadap Indonesia dan Peru.

Dalam rilis resminya, FIFA menjelaskan bahwa ada kemungkinan Indonesia bakal mendapat sanksi.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," tulis FIFA.

Ada beberapa potensi sanksi yang bisa diberikan kepada Indonesia mulai dari pembekukan federasi, tidak bisa mengikuti agenda resmi FIFA, hingga potensi federasi lain bakal mempertimbangkan Indonesia sebagai tuan rumah suatu event olahraga termasuk Olimpiade.

Sementara itu, dalam keterangan resmi soal pencabutan status tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U17 2023, FIFA sama sekali tidak menyebutkan potensi sanksi.

Malah, FIFA mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Peru (FPF) atas upaya yang sudah mereka lakukan. FIFA juga masih membuka kesempatan bagi Peru untuk menggelar turnamen pada masa mendatang.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka, dan tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru di masa mendatang," tulis FIFA. (Aris)

Baca juga: Prediksi Skor PSIS Semarang vs PSM Makassar BRI Liga 1 Malam Ini

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait