Pesona Pantai Wohkudu Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Wisata —Rabu, 1 Dec 2021 10:22
    Bagikan  
Pesona Pantai Wohkudu Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Pesona Pantai Wohkudu Surga Tersembunyi di Gunung Kidul - pinterest

JOGJAKARTA, DEPOSTJOGJA- Pantai Wohkudu merupakan pantai yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Meski namanya belum terlalu populer seperti pantai pasir putih lainnya, pantai ini dapat menjadi solusi bagi pengunjung yang menginginkan pemandangan pantai dan keindahan alam yang masih asri dan terjaga. Pantai ini juga berdekatan dengan Pantai kesirat.

Pantai ini diapit oleh dua tebing dan perbukitan yang tingginya sekitar dua puluh meteran dan panjangnya jauh sampai jalan masuk. Kedua tebing itulah yang melindungi dari kencangnya angin malam dan panasnya sinar matahari dikala siang hari. Hal itulah yang menjadikan pantai wohkudu sebagai pantai yang cocok untuk dijadikan kawasan camping.

Alasan lain pantai ini cocok untuk dijadikan kawasan camping adalah lahan nya yang meski tidak luas namun datar, sehingga nyaman untuk mendirikan tenda. Lahan perkemahan di pantai wohkudu terbagi menjadi tiga yaitu lahan pertama yang langsung menyambut para pengunjung ketika sampai di lokasi.

Dilahan ini, pengunjung jauh dari resiko tersapu ombak dan bisa membuat api unggun. Lahan kedua pantai ini sangat persis dengan lahan pertama, hanya saja lahan kedua lebih luas dari lahan pertama dan jarak dengan garis pantai nya lebih dekat. Sementara dilahan ketiga yang berada di pasir putih wohkudu, keuntungan berkemah dilahan ini adalah jarak nya sangat dekat dengan garis pantai, namun sayang nya dilahan ini tidak boleh membuat api unggun sesuai dengan peraturan pantai dan juga lahan ini rentan tersapu ombak jika pantai sedang pasang.

Jika pantai ini cocok untuk di jadikan sebagai tempat berkemah, namun sayang nya pantai ini kurang cocok untuk menjadi arena bermain air atau melihat sunrise dan sunset karena matahaari di pantai ini terbit dan terbenam tidak kedalam laut. Di garis pantai wohkudu pengunjung akan disambut dengan batuan karang besar yang bisa melukai, dan juga duri-duri yang tersembunyi diantara batu karang.

Harga tiket untuk memasuki kawasan pantai wohkudu adalah Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Lokasi pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 30 November 2021, Sagitarius Introspeksi Diri, Pisces Cari Pelarian


Untuk menuju ke pantai wohkudu, ada dua pilihan rute yang dapat dijadikan pilihan perjalanan pengunjung yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Jalan Wonosari
Dari jalan wonosari-piyungan-patul-lapangan terbang gading ambil arah kanan melewati pasar playen-paliyan-girikarto lalu sampailah di pantai wohkudu.

2 Melalui Banguntapan
Dari bangun tapan lalu jalan ke arah Imogra-Siluk-Panggak-lalu ke arah Girikarto dan jalan terus ke pantai wohkudu.

Hal menarik yang berada di pantai wohkudu:

1. Pemandangan pantai yang indah
Pantai Wohkudu memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai ini meiliki ciri khas diapit oleh dua bukit.

2. Tempat menark untuk camping
Selain pemandangan yang indah, pantai ini dapat menjadi pilihan yang tepat utuk mendirikan tenda dan menyalakan api unggun sambil menikmati indahnya malam.

3.Berdekatan dengan kawasan pantai lain
Kawasan pantai ini memang sangat strategis karena berdekatan dengan pantai lain seperti pantai Celeng Tibo dan Pantai Kesirat.

5. Tempat untuk memancing

Selain cocok untuk dijadikan sebagai tempat camping, pantai ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai area tempat memancing. Di pantai ini banyak sekali lobster yang sering menjadi incaran para pengunjung. Biasanya para pengunjung mmbawa alat pancing pribadi dan memancing di timur.

Baca juga: Cerita Hantu Jerangkong, Legenda Menyeramkan dari Tanah Jawa

Baca juga: Pantai Slili Destinasi Wisata Pasir Putih di Gunung Kidul



Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait