Candi Mendut, Peninggalan Sejarah Dinasti Syailendra

Wisata —Rabu, 15 Dec 2021 10:27
    Bagikan  
Candi Mendut, Peninggalan Sejarah Dinasti Syailendra
Candi Mendut, Peninggalan Sejarah Dinasti Syailendra - pinterest

DEPOSTJOGJA- Selain Candi Borobudur ada candi istimewa yang terleatk tak jauh dari Candi Borobudur tersebut, yakni Candi Mendut.

Candi Mendut merupakan candi budha yang berjarak hanya 3 Km dari Candi Borobudur, Candi ini di bagun oleh Raja Indra pada pada masa kerajaan dinasti Syailendra pad tahun 824 M.

Hal ini sama dengan isi yang ada di Prasasti Karangtengah per tahun 824 M. Dalam prasasti tersebut terdapat tulisan bahwa Raja Indra membangun sebuah bangunan suci dan bangunan tersebut diberi nama Wenuwana yang artinya hutan bambu.

Yang lebih menarik Umur candi ini lebih tua dari Candi Borobudur yang merupakan salah satu candi terbesar yang pernah masuk ke 7 keajaiban dunia.
Candi ini berbentuk persegi. Bangunan candi ini memiliki tinggi kira-kira 26,4 m. Pada bagian tubuh dengan tinggi 2 m. Pada permukaan candi terdapat selasar yang lebar.

Daya Tarik dari Candi Mendutini dalah dinding Candi Mendut terdapat sekitar 31 panel yang menampilkan beberapa relief cerita. Pada dinding candi terdapat pahatan bunga yang menjadi ciri khas dari Candi Mendut.

Baca juga: 4 Hits Beaches in Jogjakarta, Tourist Destinations to Celebrate New Year

Baca juga: 7 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

Candi Mendut ini memiliki relief dengan corak yang khas, diantaranya Relief Kuwera dan Hariti adalah relief yang terukir di dinding utara bilik penampil. Kuwera dan Hariti merupakan pasangan suami istri.

Mereka adalah raksasa yang bertobat setelah bertemu dengan Budha. Selain di Candi Mendut, relief Kuwera dan Hariti juga terdapat di Candi Sewu, Candi Kalasa dan Candi Banyuniba.

Lalu ada relief Bodhisattva Ayalokitesvara yang menerangkan kehidupan Budha. Di relief ini menampilkan gambar Budha yang sedang duduk diatas singgasana dari bunga padma. Lalu ada Relief Bodhisatwa yang terletak di sebelah timur dinding Candi Mendut.

Harga tiket untuk masuk ke Candi Mendut sangatlah murah untuk melihat bangunan bersejarah harganya yaitu : Rp. 10.000/orang.

Lokasi Candi Mendut ini cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta karena berada didekat Candi Borobudur dan akses jalannnya juga berbelok belok. Lokasi tepatnya berada di Jalan Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. RS

Baca juga: Pantai Nglambor Gunung Kidul, Deburan Ombak dengan Karang Raksasa yang Menawan

Baca juga: 7 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait