Candi Plaosan, Wisata Sejarah dengan Kisah Romantis

Wisata —Jumat, 17 Dec 2021 10:23
    Bagikan  
Candi Plaosan, Wisata Sejarah dengan Kisah Romantis
Candi Plaosan, Wisata Sejarah dengan Kisah Romantis - pinterest

DEPOSTJOGJA- Wisata Candi di Jogjakarta tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun lokal.

Ada yang menarik jika kita berkunjung ke Candi Prambanan, karena dekat drai situ kamu juga akan menemukan Candi Plaosan yang memiliki keunikana dan daya tarik tersendiri.

Candi Plaosan hanya berjarak 1 km saja dari Candi prambanan, jika kamu berkunjung ke salah satu candi ini sudah pasti wajib untuk mengunjungi candi yang lainya.

Candi Plaosan, sebuah candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Terdapat sebuah kisah romantis dibalik pembangunan candi Budha ini. Candi ini dibangun sebagai bukti cinta Raja Rakai Pikatan kepada istrinya yaitu Pramudyawardani. Terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan, arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha.

Candi Plaosan juga disebut candi kembar meski candi ini di bagi menjadi dua bagian yaitu candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Bangunan Candi Plaosan Lor memiliki halaman tengah yang dikelilingi oleh dinding dengan pintu masuk di sebelah barat. Pada bagian tengah halaman itu terdapat pendopo berukuran 21,62 m x 19 m.

Candi Plaosan Kidul juga memiliki pendopo di bagian tengah yang dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi.

Baca juga: Film Rasuk 2, Kisah Perempuan Kerasukan Setan Bergentayangan

Baca juga: Pantai Karang Jahe, Wisata dengan Pesona Eksotis di Rembang


Ada pula gambaran Tathagata Amitbha, Vajrapani dengan atribut vajra pada utpala serta Prajnaparamita yang dianggap sebagai "ibu dari semua Budha". Beberapa gambar lain masih bisa dijumpai namun tidak pada tempat yang asli.

Harga Tiket Candi Plaosan

Harga tiket masuk Candi Plaosan masih sangat murah. Untuk dapat menikmati keindahan Candi Sambisari, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket sebesar Rp 3.000 per orang. ( Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Lokasi Candi Plaosan

Lokasi Candi Plaosan jika dilihat dari segi aksesibilitas dapat dikatakan sudah sangat baik dan sangat mudah untuk dicapai. Lagipula Lokasi Candi Plaosan ini masih relatif dekat dengan Candi Prambanan.

Alamat Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Plaosan kurang lebih adalah 18,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor  dari Kota Jogja menuju Candi Plaosan sekitar 38 menit.RS

Baca juga: Film Rasuk 2, Kisah Perempuan Kerasukan Setan Bergentayangan

Baca juga: Pantai Karang Jahe, Wisata dengan Pesona Eksotis di Rembang


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait