Teknik Berkendara untuk Menghemat Bensin

Hiburan —Rabu, 16 Feb 2022 14:20
    Bagikan  
Teknik Berkendara untuk Menghemat Bensin
Eco Riding - Pinterest

DEPOSTJOGJA,- Teknologi motor injeksi bisa membuat bensin jadi lebih tidak gampang habis hingga 17%. Namun teknologi ini tidak akan terasa manfaatnya jika kita berkendara dengan teknik yang salah. Untungnya ada teknik yang disebut eco riding.

Berikut cara mudah untuk menerapkan teknik eco riding agar konsumsi bahan bakar jadi lebih irit yang dikutip dari zonabikers.com :

1. Hindari buka gas secara mendadak, sewajarnya saja. Cukup diurut secara perlahan dengan kecepatan simultan agar semburan bahan bakar yang keluar dari injektor tak mengalir deras. Sesuaikan putaran mesin dengan kondisi jalan. Jika jalan sedikit tersendat cukup gunakan putaran mesin rendah dan naikkan secara perlahan jika jalan mulai lancar.

2. Usahakan menjaga kecepatan konstan baik diputaran mesin rendah maupun tinggi. Mempertahankan kecepatan konstan diputaran mesin rendah akan mengurangi penggunaan rem. Pengereman setelah melakukan akselerasi membuat energi terbuang sia-sia. Jadi manfaatkan deselerasi putaran mesin dan lakukan pengereman secara perlahan.

Baca juga: MotoGP Riders Explore Another Side of Mandalika

Baca juga: Waspadai Tipuan Simon Leviev, “Tinder Swindler”

3. Manfaatkan fitur Eco Indicator yang terpasang di panel meter sepeda motor. Fitur ini umumnya ada di motor-motor matik Honda seperti BeAT Street, BeAT Sporty, Scoopy dan skutik terbaru Honda Genio. Lampu Eco Indicator akan menyala terang saat berada pada gaya berkendara irit bahan bakar. Saat itu menyala, pertahankan kecepatan motor.

4. Duduk di posisi yang benar. Artinya tubuh tepat berada di center of gravity sepeda motor, tidak duduk terlalu ke belakang atau terlalu ke depan.

5. Tidak memodifikasi motor secara berlebihan seperti mengganti ban melebih batas yang dianjurkan, menggunakan knalpot racing, menambah box motor dan mengganti roller CVT yang akan memengaruhi kerja mesin.* -AL

Baca juga: MotoGP Riders Explore Another Side of Mandalika

Baca juga: Waspadai Tipuan Simon Leviev, “Tinder Swindler”


Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait