Arti Filosofi Gambar Kupu-kupu

Hiburan —Jumat, 16 Jun 2023 13:54
    Bagikan  
Arti Filosofi Gambar Kupu-kupu
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,-Kupu-kupu dan ngengat merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau ‘serangga bersayap sisik’. Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya.

Kupu-kupu juga merupakan serangga yang terkenal akan kecantikannya. Motif sayapnya yang berwarna-warni mampu memikat mata siapa pun yang melihatnya. Kehadirannya pun sering kali dianggap membawa kebahagiaan.

Di balik keindahan coraknya yang memukau, kupu-kupu menyimpan banyak filosofi berharga yang bisa dijadikan pelajaran hidup bagi manusia. Banyak seniman yang menggunakan kupu-kupu sebagai inspirasi dari sebuah karya.

Tak sedikit pula orang yang membuat tato dengan gambar kupu-kupu di tubuhnya sebagai pengingat hidup. Lantas, apa saja filosofi kupu-kupu tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Filosofi Kupu-kupu
Berikut beberapa filosofi kupu-kupu yang bisa dicontoh dalam menjalani kehidupan:

1. Perjuangan
Sebelum menjadi serangga yang cantik, kupu-kupu hanyalah seekor ulat. Melalui proses metamorfosis, ulat kecil itu berubah menjadi kepompong. Kemudian dalam jangka waktu tertentu, kepompong itu robek dan menjadi kupu-kupu.

Mengutip buku Renungan Ida Arimurti Membuat Hidup Jadi Lebih Berarti karangan Ida Arimurti, metamorfosis yang dilalui kupu-kupu itu melambangkan bahwa dalam menjalani kehidupan, ada proses dan perjuangan yang harus dilewati manusia.

Dalam proses tersebut, setiap orang pasti akan mengalami banyak masa sulit, kepahitan, serta rintangan-rintangan lainnya. Namun jika terus berjuang, akan ada titik di mana proses itu membuahkan hasil yang manis.

Baca juga: Berbagai Kebiasaan yang Dapat Memicu Penuaan Pada Usia Muda, Tanpa Kalian Sadari!

2. Kesabaran dalam Berproses
Filosofi kupu-kupu mengajarkan manusia untuk selalu bersikap sabar dalam menjalani hidup Ada kalanya perasaan lelah dan penat datang ketika kehidupan berjalan begitu saja dan tidak mengalami kemajuan.

Ketika mengalami situasi seperti itu, ingatlah proses hidup kupu-kupu yang tak sebentar. Hewan itu terus bersabar menanti perubahan wujudnya dari ulat menjadi kupu-kupu yang cantik. Seperti kupu-kupu, bersabarlah dalam menjalani kehidupan. Niscaya kesabaran itu akan berujung pada kesuksesan.

3. Cinta Sejati
Menurut laman Sorry Mom, di China, kupu-kupu merupakan simbol cinta sejati. Ini berkaitan dengan legenda setempat tentang dua kekasih yang harus berpisah namun tetap saling mencintai. Kisah ini sering disamakan dengan cerita Romeo dan Juliet karya Shakespeare.

Di sisi lain, kupu-kupu sering dikonotasikan dengan makna romantis karena mewakili cinta muda. Seperti kupu-kupu yang terbang di antara bunga-bunga, anak muda pun demikian dengan kehidupan sosialnya.

4. Lambang Kebebasan
Kupu-kupu bebas terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga lain untuk mencari makan. Mereka dapat mengepakkan sayapnya untuk pergi ke sana ke mari sesuka hati dengan bebas. Seperti halnya kupu-kupu, manusia juga memiliki kebebasan dalam hidup.

Hidup hanya sekali, jadi lakukan apa yang memang dikehendaki hati sendiri. Jangan biarkan omongan orang lain menghambat Anda menjalani sesuatu yang disukai. Selama itu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, jalanilah dengan bebas tanpa perlu memikirkan apa pun. (RA)

Baca juga: Canggih! Fitur Terbaru Samsung Galaxy Watch Pelacakan Data Real-time

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait