Selain Untuk Mempercantik Ruangan, Air Diffuser Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Kesehatan —Selasa, 22 Nov 2022 14:38
    Bagikan  
Selain Untuk Mempercantik Ruangan, Air Diffuser Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan
Pinterest

DepostJogja,- Diffuser adalah alat yang berfungsi untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi, lalu menyebarkannya di udara sehingga lebih mudah dihirup. Penggunaan diffuser di dalam ruangan dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Oleh karena itu, kegunaan diffuser sangat tepat untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres, diffuser sedang menjadi tren seiring maraknya penggunaan aromaterapi. Namun, ada baiknya jika kalian mengenali fungsi dan manfaat terlebih dahulu sebelum membelinya.

Fungsi diffuser dapat memberikan efek terapi atau efek menyembuhkan karena menghasilkan partikel-partikel dari essential oil. Partikel-partikel tersebut akan merangsang sistem saraf untuk mengirimkan sinyal ke sistem limbik di otak. Manfaat lainnya adalah untuk terapi pernapasan, peningkatan mood, relaksasi, pemurnian udara, dan banyak lagi tergantung dari essential oil yang digunakan. Selain itu ada beberapa manfaat diffuser untuk kesehatan, ayo simak.

Baca juga: Tips Perawatan Untuk Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Awet

1. Mencegah Flu dan Pilek
Minyak atsiri memiliki kandungan senyawa organik dan sifat anti-mikroba, sehingga saat disebarkan dengan diffuser, kandungan tersebut akan bersentuhan langsung dengan patogen yang tersebar di udara untuk mempersulit bakteri menyerang tubuh. Bahkan, minyak atsiri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu sehingga tidak rentan terkena penyakit seperti flu, pilek dan batuk.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur
Dengan minyak esensial memberikan efek santai yang menenangkan dalam ruangan. Atmosfer yang tercipta ini membantu orang dari segala usia untuk tertidur lebih cepat dan nyenyak. Untuk mengatasi insomnia kamu bisa mencampurkan minyak esensial lavender, bulgarian rose, dan kamomil romawi.
Dengan alat ini, kamu tidak cuma bisa berkreasi dengan perpaduan minyak esensial untuk menciptakan aroma yang menenangkan. Lebih dari itu, alat ini diciptakan suara dengungan lembut yang membantu menenangkan pikiran gelisah.

3. Mengendalikan Nafsu Makan
Kalau kamu sedang berusaha mengendalikan nafsu makan, kamu wajib mencoba menggunakannya di rumahmu. Minyak esensial peppermint yang diuapkan terbukti mampu mengekang nafsu makan dengan cara memicu respon kenyang dalam tubuh. Minyak peppermint juga terbukti mampu meningkatkan energi, jadi kamu tetap berenergi meskipun mengurangi porsi makan.

Baca juga: Simak, Konsumsi Ini Untuk Mengatasi Insomnia

4. Mengatasi Nyeri
Minyak atsiri juga secara efektif dapat menghilangkan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi dengan cara mengoleskan pada bagian yang sakit. Nah, kamu juga bisa memperluas pengaruh minyak atsiri menggunakan diffuser sehingga memaksimalkan kegunaannya untuk mengatasi nyeri di sejumlah anggota tubuh.

5. Mengontrol Dekongesti dan Lendir
Diffuser bisa digunakan sebagai alternatif pengganti vaporub dan jangkauannya lebih luas. Vaporub hanya tertuju di area dada dan leher, sedangkan diffuser ke seluruh ruangan.

Untuk penggunaannya, kamu dibebaskan untuk memilih sesuai kebutuhan dan ukuran ruangan. Namun, pastikan proses pencampuran air disesuaikan menurut ukuran dan jenis minyak essensial yang kamu gunakan mengingat beberapa jenis minyak dapat digunakan tanpa harus dicampur air.*ririn

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait