Tips Perawatan Untuk Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Awet

LifeStyle —Selasa, 22 Nov 2022 13:57
    Bagikan  
Tips Perawatan Untuk Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Awet
Pinterest

DepostJogja,- Mewarnai rambut saat ini sudah menjadi salah satu mekanisme penghilang stres bagi seseorang. Mengubah-ubah gaya serta warna rambut biasa dilakukan oleh para wanita. Selain mempercantik penampilan, mewarnai rambut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Rambut berwarna perlu melakukan perawatan rutin agar warna rambut tetap awet, sehat dan indah. Warna cat rambut akan bertahan pada rambut anda selama kurang lebih 3 bulan atau lebih.
Namun, jika anda tidak pintar merawat rambut bewarna, warna cat rambut akan segera pudar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat rambut berwarna Anda agar senantiasa tetap sehat dan warnanya pun dapat menempel dengan lebih awet.

Gunakan Serum Rambut

Cara merawat rambut berwarna yang ketiga dengan menggunakan serum khusus rambut secara rutin. Terkadang, penggunaan cat rambut dapat membuat rambut terlihat kusam dan kering. Terlebih ketika Anda sering melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung. Penggunaan alat styling rambut seperti curling iron atau hair dryer juga dapat menambah kekeringan pada rambut.
Anda dapat mengatasi hal-hal tersebut dengan rajin menggunakan serum khusus untuk rambut yang diwarnai. Selain membuat rambut tetap sehat, serum khusus ini juga dapat mempertahankan warna cat rambut Anda agar tidak mudah pudar. Serum mengandung banyak vitamin yang berguna untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakanlah saat rambut dalam kondisi setengah kering, agar serum meresap dengan lebih baik ke dalam folikel rambut.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu! Mengenal Warna Darah Menstruasi

Rutin Gunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut berwarna yang kedua dengan rajin mengaplikasikan masker rambut minimal seminggu sekali. Masalah paling umum dari kegiatan pewarnaan rambut adalah, kondisi rambut menjadi kering setelahnya. Oleh karena itu, diperlukan tambahan perawatan untuk menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan berkilau.
Aplikasikan masker rambut alami yag dibuat sendiri atau masker rambut siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Gunakan secara rutin minimal seminggu sekali. Hasilnya, rambut Anda akan senantiasa sehat, lembap, dan mencegah rambut dari bercabang. Masker rambut berfungsi untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat walau sudah terkena paparan zat kimia.

Pilih Sampo Khusus dan Kondisioner

Cara perawatan rambut bewarna selanjutnya adalah pilihlah sampo khusus dan kondisioner. Sampo untuk rambut berwarna, biasanya memiliki tekstur lembut sehingga tidak mengikis warna rambut dan membuat rambut menjadi kering.
Selain itu, gunakan kondisioner untuk menutrisi rambut anda agar tetap sehat dan indah. Penggunaan kondisioner berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan rambut setelah keramas.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat

Jangan Keramas Terlalu Sering

Keramas terlalu sering dapat membuat warna cat rambut cepat pudar. Bagi anda yang memiliki rambut berwarna, disarankan melakukan keramas minimal dua hari sekali untuk menjaga warna rambutnya tetap cerah. Sebagian dari anda mungkin terbiasa keramas setiap hari. Oleh karena itu, jika ingin warna rambut anda lebih tahan lama sebaiknya kurangi frekuensi keramas.

Hindari Keramas dengan Air Panas

Cara perawatan rambut berwarna selanjutnya adalah hindari meggunakan air panas saat keramas. Walaupun mandi dengan air hangat membuat badan tenang tetapi air hangat bisa melunturkan warna cat rambut anda lebih cepat.
Lebih baik gunakan air dingin pada saat mencuci rambut yang diwarnai. Air dingin memiliki suhu yang lebih stabil sehingga tidak melunturkan warna cat rambutmu.

Itulah tips untuk merawat rambut yang berwarna agar tetap sehat dan awet, sebaiknya kamu jangan mengganti warna terlalu sering karena itu bisa mempercepat perusakan pada rambut. Semoga bermanfaat. *rinn

Baca juga: Pentingnya Minyak Ikan Untuk Para Wanita

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait