Banyak Manfaat Namun Jangan di Konsumsi Secara Berlebihan, Inilah Manfaat Air Tebu

Kesehatan —Kamis, 1 Dec 2022 14:31
    Bagikan  
Banyak Manfaat Namun Jangan di Konsumsi Secara Berlebihan, Inilah Manfaat Air Tebu
Pinterest

DepostJogja,- Air tebu merupakan minuman manis alami yang diperoleh dari hasil perasan batang tebu. Pengolahannya pun cukup sederhana, sehingga kandungan nutrisi pada tebu terjaga dengan baik.
Tebu sendiri sudah terkenal di Indonesia menghasilkan gula alami berbentuk air yang nikmat untuk dikonsumsi. Dengan rasa manis yang alami, minum air tebu bisa menjadi pilihan yang menyegarkan.

Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon pada saat ingin meminum air tebu, supaya minuman mu menjadi lebih segar. Tak hanya melegakan kerongkongan, kandungan air tebu terdiri atas vitamin hingga mineral yang memberikan manfaat bagi tubuh.
Meskipun kadar gulanya tinggi untuk dikonsumsi, namun minuman air tebu bisa dibilang lebih menyehatkan daripada air gula biasa. Ini karena tebu mengandung zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

Baca juga: Inilah Trik Pelapisan Makeup Bagi Penderita Kulit Eczema

Dilansir dari hellosehat.com, Inilah khasiat air tebu saat di konsumsi.

1. Mengendalikan tekanan darah
Kandungan kalium dalam air tebu bisa mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, tapi juga berpotensi menurunkan risiko pengerasan pembuluh, serangan jantung, dan stroke.

2. Menurunkan kolesterol
Sejumlah studi membuktikan konsumsi air tebu murni memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini akan melindungi kesehatan jantung Anda dan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

3. Manfaat air tebu untuk ginjal
Air tebu bersifat diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urine sehingga membuat Anda lebih sering kencing. Hal ini berguna bagi tubuh karena kerja organ ginjal menjadi lebih efektif. Selain itu, urine juga membawa keluar endapan mineral pada saluran kemih.

Baca juga: Memiliki Dagu Berlipat Padahal Berat Badan Normal?, Inilah Faktornya

4. Menjaga kepadatan tulang
Mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium pada air tebu merupakan komponen penting yang membantu memperkuat tulang. Dengan tulang yang padat dan kuat, Anda akan lebih terlindung dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Memperkuat daya tahan tubuh
Minum air tebu juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Ini karena vitamin C pada air tebu dapat merangsang kerja sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya berperan penting dalam melawan serangan infeksi.

Air tebu memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, patut diingat bahwa minuman ini mengandung banyak gula. Sebaiknya jangan konsumsi air perasan tebu dengan berlebihan. (rin)

Baca juga: Bahaya Earphones Jika Sering di Gunakan, Dapat Mengakibatkan Tuli

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait