Bahaya Earphones Jika Sering di Gunakan, Dapat Mengakibatkan Tuli

Kesehatan —Jumat, 25 Nov 2022 08:45
    Bagikan  
Bahaya Earphones Jika Sering di Gunakan, Dapat Mengakibatkan Tuli
Pinterest

DepostJogja,- Kehidupan yang serba digital ini, kita tidak bisa jauh-jauh dengan yang namanya teknologi. Dari hal kecil hingga besar semua tak luput dari bantuan teknologi yang memang membantu kita. Salah satu alat yang sering kita gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari adalah earphone. Alat untuk telinga ini diciptakan agar kita bisa mendengar lebih jernih dan tidak mengganggu orang sekitar.

Kita biasanya menggunakan earphone untuk menghadiri Zoom Meeting, mendengarkan musik saat senggang, atau untuk teman belajar. Semua ini akan bermanfaat jika digunakan sewajarnya. Namun sebaliknya, kemudahan ini akan menjadi bumerang dan berakibat fatal jika digunakan secara terus menerus.

Dikutip dari situs Onlymyhealth, ini dia 3 efek samping dari penggunaan earphone terlalu lama secara terus menerus.

Gangguan Pendengaran/Tuli
Efek paling yang dapat ditimbulkan dari penggunaan earphone terlalu lama adalah terjadinya gangguan pendengaran. Sebab telinga bagian dalam sangat sensitif terhadap suara yang masuk, apalagi jika suara yang diterima dari earphone yang jelas-jelas langsung menuju ke dalam telinga. Di dalam telinga ada banyak sel dan salah satunya adalah beberapa sel memiliki struktur mirip rambut kecil. Sel rambut ini yang berfungsi sebagai pemancar untuk perjalanan suara dari telinga ke otak, dimana suara akan diproses lebih lanjut. Terlalu banyak suara keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel ini yang mengganggu seluruh proses transmisi suara. Sehingga terjadilah gangguan pendengaran.

Baca juga: Apa yang Harus di Lakukan Jika Tertusuk Bulu Babi?, Simak

Infeksi Telinga
Earphone yang langsung dicolokkan ke saluran telinga bisa menjadi penghalang bagi saluran udara telinga. Penyumbatan ini bisa menjadi penyebab dari berbagai jenis infeksi telinga. Ditambah lagi dengan menggunakan earphone dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan meningkatkan risiko iritasi. Oleh karena itu kita harus menghindari berbagi earphone dengan siapapun karena bakteri berbahaya akan berpindah dari telinga satu ke orang lain.

Kepala Pusing
Terlalu sering menggunakan earphone secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal dengan vertigo. Vertigo adalah kondisi medis dimana kepala akan merasa teramat pusing yang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Tentu hal ini akan mengganggu aktivitas kita sebab rasa sakit yang ditimbulkan membatasi gerak kita. Jadi peningkatan tekanan di saluran telinga karena suara keras dari earphone dapat menyebabkan pusing.

Sejatinya pemakaian apapun itu akan bermanfaat jika digunakan sebagaimana mestinya dan menyebabkan efek buruk jika dilakukan berlebihan. Kamu bisa mulai mengurangi intensitas menggunakan earphone jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Sebelum terjadi hal yang lebih buruk, lebih baik mencegah daripada mengobati. 

Baca juga: Cara Mudah Agar Tanaman Strawberry Berbuah Lebat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait