Ternyata Kulit Bawang Bermanfaat! Simak

Kesehatan —Selasa, 17 Jan 2023 08:58
    Bagikan  
Ternyata Kulit Bawang Bermanfaat! Simak
Pinterest

DepostJogja,-Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada di dapur untuk digunakan sebagai bumbu masakan.
Seringkali saat kita mengupas bawang, kulitnya akan langsung kita buang. Namun, tahukah anda jika kulit bawang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh?
Kulit bawang merah mengandung flavonoid, vitamin A,B,C, antioksidan dan juga serat. Tak hanya bawang merah saja, kandungan dan nutrisi yang sama juga dimiliki oleh kulit bawang putih dan bawang bombay.
Dikutip dari Suara.com, berikut ini tiga manfaat kulit bawang bagi kesehatan tubuh.

Penawar Insomnia
Kulit bawang mampu mengatasi kesulitan tidur dan dapat menjadi obat tidur alami. Kandungan L-triptopan dalam kulit bawang bermanfaat penenang alami dan juga dapat membuat tidur anda jauh lebih nyenyak.
Caranya, anda dapat menyeduh kulit bawang bagian mana saja dengan air panas. Kemudian tutup dan diamkan selama 15 menit, lalu saring terlebih dahulu sebelum diminum.
Anda bisa meminumnya sebelum tidur dan dapatkan manfaat dari kulit bawang untuk mengatasi kesulitan tidur anda.

Baca juga: Mengulik Adanya Hari Ibu, Begini Sejarahnya

Dapat membasmi kanker
Kandungan quercetin dan anthocyanin yang banyak dalam kulit bawang bermanfaat untuk membasmi sel-sel kanker. Kedua kandungan yang ada dalam kulit bawang ini berpotensi untuk membasmi sel-sel kanker, misalnya kanker usus besar dan kanker payudara.

Meningkatkan kesehatan jantung
Salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia yaitu penyakit jantung. Peradangan arteri koroner menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.
Kandungan falvonoid yang tinggi pada kulit bawang mampu mengatasi peradangan pada arteri koroner. Flavonoid dapat digunakan sebagai anti radang.
Anda bisa mengkonsumsi kulit bawang dengan dicelupkan ke dalam makanan maupun dicelupkan ke dalam teh.
Demikian informasi mengenai manfaat kulit bawang bagi kesehatan tubuh, jangan lupa menyisihkan kulit bawang anda untuk dijadikan sebagai obat alami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. *Rin

Baca juga: Resep Olahan Tofu Saus Telur Asin

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait