Ramadan 1444: Tips Aman Berpuasa Bagi Pengidap Penyakit Lambung

Kesehatan —Sabtu, 25 Mar 2023 11:36
    Bagikan  
Ramadan 1444: Tips Aman Berpuasa Bagi Pengidap Penyakit Lambung
Menjaga Kesehatan Lambung Saat Berpuasa.* (FOTO: Pinterest)

DepostJogja,-Puasa adalah ibadah yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Namun, bagi pengidap penyakit lambung, puasa dapat menjadi tantangan yang besar dalam menjaga kesehatan. Lambung adalah organ penting dalam sistem pencernaan yang memainkan peran penting dalam pemrosesan makanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung selama bulan puasa dengan menghindari makanan-makanan tertentu. Berikut Ini makanan yang harus dihindari saat puasa oleh pengidap penyakit lambung diantaranya:

1. Makanan yang mengandung asam, seperti jeruk, tomat, dan cuka harus dihindari saat berpuasa karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

2. Makanan pedas, seperti cabai dan rempah-rempah harus dihindari karena dapat meningkatkan asam lambung dan memperparah gejala penyakit lambung.

Baca juga: Beda Spek Samsung A54 5G vs Oppo Reno 8T 5G, Bawa Kamera Selfie 32MP

3. Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, kue-kue, dan makanan cepat saji harus dihindari karena sulit dicerna dan dapat memperburuk gejala penyakit lambung.

4. Makanan dengan kafein tinggi, seperti teh, kopi, dan minuman energi harus dihindari karena dapat meningkatkan asam lambung dan memperparah gejala penyakit lambung

5. Minuman Bersoda harus dihindari karena dapat memicu asam lambung dan menyebabkan iritasi pada lambung
Pengidap penyakit lambung diperbolehkan melakukan puasa Ramadan. Tetapi jika gejala lambung muncul saat berpuasa, sebaiknya segera berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna.

Ada beberapa makanan yang aman di konsumsi oleh pengidap penyakit lambung saat berpuasa diantaranya yaitu sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan dan kacang-kacangan. Tetapi perlu di perhatikan cara masaknya dan jumlah konsumsinya.

Baca juga: Ramadan 1444 H: Menu Sahur Sayur Asem yang Praktis dan Nikmat Saat di Sajikan

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait