Apa Itu Penyakit Botulisme Pada Bayi? Begini Penjelasannya

Kesehatan —Sabtu, 4 Nov 2023 11:02
    Bagikan  
Apa Itu Penyakit Botulisme Pada Bayi? Begini Penjelasannya
Ilustrasi bayi. (Unsplash / Colin Meynard)

depostjogja - Botulisme adalah penyakit langka namun berpotensi fatal. Penyebabnya adalah bakteri clostridium botulinum. Penyakit tersebut menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, serta kegagalan pernapasan.

Hal ini biasanya terjadi akibat memberikan madu pada bayi, dan penyakit ini tentu saja sangat bahaya yang dapat menyerang sistem saraf pada bayi.

Karena pada zaman dahulu bahwa madu dijadikan sebagai bahan makanan dan obat tradisional namun jika kalian memberikan madu pada bayi yang di bawah usianya kurang dari 1 tahun, maka hal ini akan berakibat fatal yaitu menyebabkan bayi terkena penyakit botulisme.

Mengutip dari berbagai sumber, sebetulnya penyakit ini bisa saja terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang telah terkomintasi dengan bakteri namun bukan karena hal itu saja bisa juga karena menghirup spora. Bersentuhan dengan tanah yang terkomintasi atau bisa juga melalui luka yang terbuka.

Lantas mengapa madu bisa di sebut ada hubungannya dengan penyakit botulisme pada bayi? Karena madu adalah salah satu sebagai sumber botulisme yang paling umum. Karena pada dasarnya anak yang berusia dibawah 12 bulan maka ia akan sangat berada pada risiko tertinggi terkena botulisme dari madu.

Maka dari itu para ahli tidak menyarankan untuk memberikan madu pada bayi.

  • Gejala Bolusmne pada Bayi

Biasanya penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan otot yang meluas yang dapat mengakibatkan penglihatan menjadi kabur, bicara cadel, mulut kering, kesulitan menelan dan bernafas, ini dia berikut gejala botuliosme pada bayi yang wajib kalian atau orang tua ketahui.

-              Sembelit atau susah buang air besar

-              Otot wajah yang melemah dan menjadi wajah mereta terlihat datar

-              Tangisan pada bayi menjadi lemah

-              Otot pada kaki , tangan dan leher melemah

-              Kesulitan menelan sehingga banyak produksi air liur

-              Susah atau tidak mau makan

-              Menjadi kurang aktif dari biasanya.

 

Baca juga: Serem! Inilah 5 Permainan ini Dipercayai Bisa Memanggil Hantu

  • Pengobatan Botulisme pada Bayi

Jangan menganggap masalah penyakit ini spele karena penyakit botulisme pada bayi mereka harus segera membawanya ke rumah sakit di karenakan hal ini membutuhkan perawatan khusus. Biasanya jika bayi terkena botulisme akan segera masuk ke ruang ICU dan biasanya dokter akan memberikan obat dengan antioksin yang bernama  Botulisme imun globulin intraven (BIGIV).

 

  • Pencegahan Botulisme

Seperti yang dijelaskan di atas akibat botulisme terjadi karena apa, maka dari itu sebaiknya kalian tidak memberikan madu pada anak bayi atau makanan apapun yang di dalamnya terdapat madu pada usia dibawah 1 tahun.

Itulah penyakit botulisme pada bayi, dan jika anak kalian mengalami gejala seperti yang sudah di jelaskan di atas maka kalian harus segera menghubungi dokter secepat mungkin. (EricaRFeby)

Baca juga: Resep Membuat Bumbu Rujak Khas Bangkok, Wajib Kamu Coba!

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait