9 Oleh-oleh Jawa Barat yang Wajib Kalian Beli Untuk Keluarga atau Kerabat Kalian

Kuliner —Kamis, 11 Jan 2024 15:41
    Bagikan  
9 Oleh-oleh Jawa Barat yang Wajib Kalian Beli Untuk Keluarga atau Kerabat Kalian
Pinterest : Arfian

DEPOSTJOGJA.COM - Jawa Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

Sudah tidak menjadi rahasia umum jika Jawa Barat menjadi sasaran kuliner yang paling banyak di minati oleh warga asing atau wisatawan.
Karena tidak hanya menyajikan berbagai hidangan khas berupa masakan, namun juga aneka cemilan, kue dan juga minuman yang sangat beragam, Jawa Barat juga memiliki oleh-oleh khas yang wajib kalian beli. Jangan lupa untuk membeli jajanan berikut saat kalian berkunjung ke Jawa Barat :

1. Dodol Garut
Dodol Garut ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung ketan dan gula merah dengan bentuk balok memanjang dan warna-warni.
Dodol Garut ini jenis camilan yang bisa Anda nikmati kapan saja baik itu pagi, siang, sore atau malam dan makanan ini bisa cukup bertahan lama.

2. Dorokdok
Makanan ini merupakan kerupuk gurih dan asin dengan menggunakan kulit sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya.
Untuk varian rasanya ada rasa original dan juga pedas. Rasa pedas ini berasal dari bumbu cabai pedas pada saat proses pengolahan, kalian bisa menikmati makanan ini menjadi sebuah cemilan atau menjadi teman nasi karena rasanya yang sangat enak, dan tahan lama juga.

3. Macaroni Panggang
Makanan ini merupakan makanan salah satu oleh oleh khas Jawa Barat yang tidak boleh ketinggalan.
Dengan porsi yang besar di tambah dengan beberapa isian yang sangat banyak menjadi salah satu ciri khas dari makanan ini yang bisa dijadikan cemilan atau makanan besar.
Ada yang menyajikan menu khas ini dengan isian berupa bumbu rempah, daging ayam atau daging sapi. Untuk bagian atas atau toppingnya berupa daun bawang, keju dan bisa juga tambah mayonaise.

4. Tahu Sumedang
Makanan ini sudah menjadi makanan legendaris dan ada di mana-mana seperti pada umumnya yakni berasal dari kacang kedelai.
Hanya saja, tahu Sumedang biasanya memiliki rongga di bagian tengah. Adapun di bagian luar kering dan gurih.
Namun kalian akan merasakan nikmatnya jika kalian memakannya pada saat masih panas dan di tambah dengan cabe rawit pedas.

Baca juga: Film Series Twisted 3: The Sinners Korban Pelecehan Seksual Pekerja Kantoran

5. Peuyeum
Makanan ini berbahan dasar singkong yang sudah mengalami proses fermentasi. Mulanya, rebus singkong sampai tekstur lembut kemudian tabur atau tambahkan ragi.
Setelah itu biarkan proses fermentasi bekerja. Makanan ini sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas antara manis dan sedikit asam.
6. Roti Unyil
Roti unyil ini menyediakan berbagai macam roti unyil seperti smoke beef keju, roti jagung, coklat negro, ayam asap, keju susu dan masih banyak lagi.
Dengan bentuknya yang sangat kecil maka di sebut dengan roti unyil.

7. Gapit Cirebon
Pastikan Anda tidak lupa untuk membeli penganan khas Cirebon bernama gapit. Penganan ini dinamakan gapit karena dalam proses pembuatan, adonan akan digapit dengan 2 lempengan besi supaya bentuknya bisa pipih.
Ada beberapa varian rasa seperti rasa bawang, rasa wijen, keju, original, udang keju dan masih banyak rasa yang lain.

8. Keripik Oncom dan Tempe
Keripik oncom terbuat dari kacang tanah yang sudah difermentasi kemudian dikeringkan dan dipotong-potong selera.
Pada awalnya, keripik oncom dan keripik tempe ini hanya menjual rasa original, akan tetapi sekarang ini juga tersedia dalam beberapa rasa seperti pedas, keju dan beberapa varian rasa lainnya.

9. Manisan Pala
Ini adalah jajanan tradisional dan masih bertahan hingga saat ini. Rasanya, bentuknya, warnanya bahkan aromanya sangat khas sekali.makanan ini berasal dari pala.
Manisan ini ada dua jenis yaitu manisan pala basah dan kering.
Itulah beberapa oleh-oleh yang bisa kalian beli utnuk orang rumah jika kalian berkunjung kesini. (EricaRF)

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengobati Anxiety Disorder, Saat Kalian Merasa Gelisah Tanpa Sebab

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait