Cara Sederhana Atasi Permasalahan Bau Ketiak

LifeStyle —Selasa, 14 Feb 2023 16:40
    Bagikan  
Cara Sederhana Atasi Permasalahan Bau Ketiak
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Bau ketiak atau bau ketek tidak hanya menimbulkan rasa tidak percaya diri, tetapi juga akan dijauhi dari orang-orang karena sangat mengganggu indra penciuman. Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara alami mengobati dan mencegah bau ini.

Bau ketiak adalah salah satu problem yang sering dicari solusinya oleh banyak orang, tak terkecuali anak-anak remaja yang masuk usia pubertas. Pada usia pubertas tak jarang bau badan, khususnya ketiak akan tercium tidak sedap.

Sebelum masuk pada pembahasan, perlu diketahui bahwa sebab munculnya bau ketek yaitu diawali dari bakteri atau kuman yang menempel pada kulit ketiak kemudian bercampur keringat. Hal inilah yang menimbulkan bau ketiak.

Kenapa bau ketek lebih busuk daripada bau badan yang lain? Jawabannya adalah karena keringat dari ketiak banyak mengandung lemak dan protein sehingga bau busuknya lebih menyengat. Sedangkan pada kelenjar keringat yang lain sangat kurang.

Oleh karena itu, upaya untuk mencegah terjadinya bau ketek sangat penting dilakukan, karena bau ketiak adalah salah satu masalah yang menjadikan rasa percaya diri akan memudar.

Dengan demikian, dalam artikel ini akan dikupas secara tuntas 5 cara alami mengobati dan mencegah bau ketiakmu muncul.

Berikut di bawah ini 5 cara alami mengobati dan mencegah bau ketek yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Baca sampai selesai.

Baca juga: Manfaat Keong Sawah atau Tutut Bagi Kesehatan Tubuh

Menyadari Kamu memiliki bau tidak sedap
Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus menyadari terlebih dahulu bahwa kamu memiliki bau ketiak. Setelah itu berupaya untuk mencegah datangnya bau tersebut. Meskipun bau adalah hal yang alami muncul pada tubuh tetapi kamu harus sadari bahwa kamu bisa mencegahnya agar tidak terlalu menyengat.

Perhatikan Kebersihan Tubuh
Cara alami mencegah bau ketek secara alami selanjutnya adalah dengan menjaga atau memperhatikan kebersihan tubuhmu. Minimal kamu harus membersihkan tubuhmu atau mandi 2 kali dalam sehari yaitu diupayakan pagi dan sore hari. Setelah itu kamu harus berhati-hati agar bakteri-bakteri tidak bersarang pada tubuhmu.

Gunakan deodoran
Pastinya setelah mandi kamu harus memakai deodoran agar bau kamu tidak muncul. Deodoran berfungsi untuk menutup rapat produksi keringat berlebih pada ketiakmu.

Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat
Gunakan pakaian yang bisa menyerap bau keringat. Terkadang ada baju yang tidak menyerap, malah baju yang membuat bau kamu semakin menyengat. Kamu harus menghindari baju seperti itu dan mencari baju yang bisa menyerap bau keringat.

Atur pola makanmu
Tidak diragukan lagi bahwa minuman dan makanan yang kamu konsumsi setiap hari mempengaruhi bau ketekmu. Oleh karena itu kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung bau yang begitu tajam seperti bawang, kari, dll.
Demikian 5 cara alami mengobati dan mencegah bau ketiakmu muncul lagi. Semoga bermanfaat.*Rin

Baca juga: Cara Megatasi Burung Perkutut Agar Tidak Malas Bersuara

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait