Tertarik Miliki Akun NFT?

News —Rabu, 26 Jan 2022 21:00
    Bagikan  
Tertarik Miliki Akun NFT?
Tertarik Miliki Akun NFT?/ tangkapan layar akun Opensea "Ghozali Everyday"

DEPOSTJOGJA,-  Ghozali Everyday Effect masih berlanjut.  Ya, sosok Ghozali beberapa waktu lalu menjadi trending topic.  Melalui akun “Ghozali Everyday” di NFT, ia berhasil meraup milyaran dengan menjual foto selfinya yang berjumlah hampir 1000 NFT di OpenSea.   Ternyata, banyak tokoh ternama dan selebriti pun memiliki akun NFT ini, seperti misalnya Justin Bieber, Lionel Messi, dan Jimmy Fallon.  Ghozali Everyday Effect menjadi titik balik kian meningkatnya rasa ingin tahu terhadap NFT, khususnya di Indonesia. 

Efeknya pun berlanjut, banyak pihak mulai memiliki ketertarikan untuk melakukan hal yang sama.  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil misalnya mencoba membantu penjual lukisan di Bandung dengan menjualnya melalui akun NFT Opensea miliknya.  Hasilnya, lukisan tersebut terjual seharga 0,09 ETH atau setara dengan Rp4,2 juta.  Bahkan Ridwan Kamil pun berencana untuk membantu para seniman lainnya, agar mereka bisa terdongkrak perekonomiannya.

Tertarik juga untuk memiliki akun NFT OpenSea ini? Baiknya kita pelajari terlebih dahulu.  Opensea adalah sebuah situs marketplace bagi NFT.   NFT sendiri adalah Non-Fungible Tokens yang merupakan aset digital berbentuk karya seni atau koleksi barang. 

Baca juga: Yamaha Fazzio Siap Mendominasi

Karya seni yang dimaksud bisa meliputi seni musik, lukisan, item dalam gim, video pendek. Lukisan, rekaman suara hingga foto. NFT sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014. Namun NFT baru popular belakangan terakhir karena semakin banyak orang yang sudah mengetahui dan memainkan NFT. 

Kelebihan dari NFT adalah menjamin pembelinya untuk memiliki barang yang asli dan tanpa ada yang bisa menirunya. NFT juga menyertakan sertifikat kepemilkan sebagai bukti. Namun dimana ada kelebihan disitu pula ada kekurangan.  Kekurangan dari NFT adalah sulit untuk diperdagangkan. 

Sekarang ini, sudah banyak situs marketplace untuk menjual produk dari NFT.  Selain Opensea, ada juga seperti Rarible. Selain itu terdapat juga situs marketpace lokal Indonesia seperti paras.id dan kolektibel.* -ZZ-

Baca juga: Pemprov Yogyakarta dan Bank BPD Sambut Baik Ajakan Kerjasama Bank BJB

Baca juga: Kenal Lama, Akhirnya Park Se Young dan Kwak Jung Wook Akan Menikah

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait