Tinjau Pembangunan Embung Di Kendal, Ganjar Cium Tangan Petani

News —Sabtu, 22 Oct 2022 14:42
    Bagikan  
Tinjau Pembangunan Embung Di Kendal, Ganjar Cium Tangan Petani
Tinjau Pembangunan Embung Di Kendal, Ganjar Cium Tangan Petani.*(FOTO: Istimewa)

DEPOSTJOGJA,- Sikap tak biasa ditunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau proses pembangunan embung di Desa Kalibareng, Kecamatan Patean, Kendal, Jumat (21/10/2022). Politikus berambut putih itu mencium tangan seorang petani bernama Subari.

Ganjar yang tiba di lokasi pembangunan sekitar pukul 13.10 WIB dalam kondisi hujan gerimis. Ia disambut para pekerja dan petani setempat.

Ia pun mencari petani bernama Subari, yang menghibahkan lahan sekira seluas 1800 meter persegi untuk dibangun embung tersebut. Kemudian Ganjar mengajak ngobrol Subari terkait kerelannya melepas lahannya itu secara cuma-cuma. Di akhir pembicaraan, tanpa diduga Ganjar meraih tangan Subari kemudian menciumnya.

"Kita mencoba menyelesaikan beberapa persoalan yang menjadi usulan warga. Jadi ini ada usulan untuk dibuatkan embung dan yang di sini cukup menarik buat saya karena ada nama Pak Beri, nama lengkapnya Subari panggilannya Beri," ujar Ganjar.

Subari inilah, kata Ganjar, seorang petani yang ikhlas tanahnya dibangun embung dan dimanfaatkan untuk masyarakat luas. 

Baca juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

"Beliau punya lahan di sini dan ketika kemudian diusulkan untuk dibuatkan embung, beliau ikhlas memberikan tanahnya. Ini adalah contoh yang sangat bagus sekali," lanjutnya.

Hal itu sambut baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan memberikan anggaran pembangunan sebesar Rp3,5 miliar. Embung tersebut nantinya untuk menampung air, karena di atas lokasi terdapat mata air yang cukup bagus. 

"Dengan harapan, nanti masyarakat bisa memanfaatkan. Baik untuk pertanian maupun pariwisata," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi upaya Subari, dan mengusulkan bangunan itu dinamai Embung Subari.

"Kalau modelnya begini pemerintah bisa bangun lebih banyak lagi dan cepat tanpa membebaskan tanah. Atau kemarin yang kita lihat, ada seperti ini, kita kasih (anggaran) dan tanahnya dari kas desa. Dan, ini (Subari) lebih hebat lagi karena milik pribadi," tandas Ganjar sembari kembali mencium tangan Subari.

Sementara Subari mengaku ikhlas memberikan tanahanya untuk pembangunan embung.

"Ikhlas karena untuk kepentingan petani di sini. Ya, awalnya musyawarah, saya ikhlas," tuturnya.

Baca juga: Mengenal Sejarah Batik, Warisan Budaya RI yang Mendunia

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait