Situs Ratu Boko, Wisata dengan Peninggalan Sejarah di Prambanan

Wisata —Sabtu, 27 Nov 2021 11:35
    Bagikan  
Situs Ratu Boko, Wisata dengan Peninggalan Sejarah di Prambanan
Situs Ratu Boko, Wisata dengan Peninggalan Sejarah di Prambanan - pinterest

DEPOSTJOGJA- Jogjakarta memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, dari bernuansa alam hingga hingga legenda peninggalan sejarah, Jogja memiliki banyak tempat dengan History yang menarik untuk di pelajari.

Salah satunya adalah Situs Ratu Boko atau orang biasanya mengenalnya dengan Candi Ratu Boko yang terletak di di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Kawasan Ratu Boko yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.9 m diatas permukaan laut.

Situs Ratu Boko di banging oleh Wangsa Syailendra pada abad ke 8, namun di rebut oleh raja-raja mataram sehingga ada perguncangan antara Buddhisme dan Hinduisme

Hal menarik yang ada di Candi ratu Boko ini adalah ditemukan sebuah prasasti berangka tahun 792 M yang dinamakan Prasasti Abhayagiriwihara. Isi prasasti tersebut mendasari dugaan bahwa Kraton Ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran.

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Selain itu Candi Ratu Boko juga memiliki arsitektur yang menakjubkan, dan pemandangan yang menarik untuk diabadikan.

Gerbang masuk ke kawasan wisata Ratu Boko terletak di sisi barat. Kelompok gerbang ini terletak di tempat yang cukup tinggi, sehingga dari tempat parkir kendaraan.

Baca juga: Cerita Hantu Orang Pote, Sosok Wajah Pucat di Bawean


Orang harus melalui jalan menanjak sejauh sekitar 100 m. Pintu masuk terdiri atas dua gerbang, yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam, yang ukurannya lebih besar merupakan gerbang utama.

Meski hanya terlihat reruntuhan-reruntuhan namun situs ratu boko ini masih memiliki nilai sejarah yang kental.

Berikut ini beberapa bagian di situs Ratu Boko yang menjadi daya tarik bagi wistawan

Candi Batukapur

Candi PemBokoran

Paseban

Pendapa

Keputren

Gua

Di lereng bukit tempat kawasan Ratu Boko berada, terdapat dua buah gua, yang disebut Gua Lanang dan Gua Wadon (gua lelaki dan perempuan). Gua Lanang yang terletak di timur laut ‘paseban’ merupakan lorong persegi.RS

Baca juga: Butuh Self Healing? Simak Cara Berikut

Baca juga: Menikmati Keindahan Gunung Sumbing di Mangli Sky View

 


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait