Selain Segar Saat di Makan, Semangka Juga Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit, Simak Cara Membuat Masker Semangka

Kesehatan —Sabtu, 18 Mar 2023 13:17
    Bagikan  
Selain Segar Saat di Makan, Semangka Juga Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit, Simak Cara Membuat Masker Semangka
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,-Semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia, terutama pada musim panas. Buah ini memiliki rasa manis dan segar yang dapat memuaskan dahaga di tengah terik matahari. Namun, tahukah kamu bahwa semangka juga dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang dapat memberikan manfaat untuk kulitmu?

Kali ini, Matakhatulistiwa akan membuat masker semagka dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana.
Cara Membuat Masker Semangka dan Manfaatnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
• 1/4 bagian semangka matang
• 1 sendok makan madu
• 1 sendok teh air lemon
• 1 sendok teh minyak kelapa

Baca juga: Berikut Harga Samsung A73, Sebelum Membeli Simak Spesifikasinya

Langkah 1: Blender semangka
Blender 1/4 bagian semangka hingga halus dan jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu.

Langkah 2: Campurkan bahan-bahan
Campurkan semangka yang telah di-blender dengan 1 sendok makan madu, 1 sendok teh air lemon, dan 1 sendok teh minyak kelapa. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Langkah 3: Oleskan pada wajah
Sebelum mengoleskan masker semangka pada wajah, pastikan kulit wajahmu sudah bersih. Kemudian, aplikasikan masker semangka pada wajahmu dengan menggunakan jari atau brush. Hindari daerah sekitar mata dan bibir.

Langkah 4: Diamkan selama 15 menit
Setelah dioleskan, biarkan masker semangka menempel pada wajah selama 15 menit agar bahan-bahan dapat meresap ke dalam kulit.

Langkah 6: Bilas dengan air hangat
Setelah 15 menit, bilas wajahmu dengan air hangat hingga bersih. Usap dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Baca juga: Berbagai Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehata, Maupun Kecantikan

Manfaat Masker Semangka untuk Kulit:

1. Melembapkan kulit Semangka mengandung banyak air dan elektrolit yang dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu. Masker semangka juga mengandung minyak kelapa yang dapat membantu mengunci kelembapan dalam kulit.
2. Menjaga kulit tetap cerah Semangka mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit. Madu dalam masker semangka juga membantu mengurangi produksi melanin pada kulit.
3. Mengurangi jerawat Masker semangka mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Hal ini dapat membantu mengurangi kemunculan jerawat pada wajahmu.
4. Menenangkan kulit Semangka mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kulit yang teriritasi dan meradang. Masker semangka juga memberikan efek pendingin pada kulit sehingga dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.
5. Membantu meremajakan kulit Vitamin C dalam semangka membantu mempercepat produksi kolagen yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidan dalam semangka juga membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit.*NR

Baca juga: Macam-Macam Ide Takjil Untuk Berbuka Puasa

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait