Gua Sha Alat Terapi Wajah dan Manfaatnya

Kesehatan —Kamis, 3 Nov 2022 10:19
    Bagikan  
Gua Sha Alat Terapi Wajah dan Manfaatnya
Pinterest

DepostJogja,- Gua sha adalah terapi alternatif alami yang melibatkan pengikisan kulit dengan alat pijat untuk meningkatkan sirkulasi. Gua sha dimaksudkan untuk mengatasi energi stagnan yang disebut chi di dalam tubuh yang diyakini oleh para praktisi bertanggung jawab atas masalah peradangan. Gua sha juga adalah praktik kesehatan tradisional dari Asia Timur yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris artinya menjadi "menghilangkan rasa sakit".


Gua sha umumnya sering digunakan pada wajah sebagai salah satu bagian dari terapi wajah. Gua sha pada wajah bertujuan untuk mempercantik wajah, leher, dan decolletage. Batu giok atau kristal penyembuh akan digunakan secara lembut di seluruh kulit wajah dan sekitarnya untuk mendorong aliran limfatik, meningkatkan sirkulasi, dan menghaluskan serta mengangkat kulit agar lebih kencang.
Gua sha juga sering di sebut dengan Jade roller yaitu alat kecantikan wajah, Banyak orang yang menggunakan berbagai produk perawatan kulit untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Bahkan, tak sedikit yang memaksimalkan perawatan kulit melalui penggunaan alat kecantikan, seperti jade roller.

Baca juga: Manfaat Bunga Unik Star Anise Untuk Kecantikan


Inilah manfaat gua sha untuk wajah;
1. Mengencangkan Kulit
Manfaat gua sha untuk membantu mengencangkan kulit. Tepi unik dari berbagai giok atau batu pijat Gua Sha bekerja sempurna untuk mengangkat, memahat, dan mengencangkan kulit. Pemakaian giok ini secara rutin dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur, kusam dan keriput. Karena Gua Sha membantu menstimulasi sirkulasi, teknik ini sendiri memberi oksigen dan membawa nutrisi ke sel-sel kulit. Aliran darah yang meningkat akibat Gua Sha berkontribusi pada penampilan yang lebih hidup, montok, dan awet muda.
2. Hilangkan Lingkar Hitam di Mata
Manfaat gua sha juga bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Lingkaran hitam di sekitar mata bisa disebabkan oleh faktor genetik, sirkulasi yang buruk, dan gaya hidup. Jika lingkaran hitam tidak disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan (yang menyebabkan pigmentasi), aliran darah yang buruk, kurang tidur, stres, dehidrasi, faktor makanan atau alkohol bisa menjadi penyebabnya. Hal baiknya adalah, Gua Sha dapat membantu menipiskan area dan meningkatkan tampilan lingkaran hitam agar memudar dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jangan Sepelekan Insomnia, Inilah Cara Sederhana Untuk Mengobatinya


3. Redakan Ketegangan di Wajah
Gua sha juga bisa untuk membantu meredakan ketegangan. Anda pasti menahan begitu banyak ketegangan di wajah dan leher setiap harinya. Untuk itu, memanfaatkan tekanan dalam dengan batu giok Gua Sha sebagai terapi dapat membantu melonggarkan atau melepaskan ketegangan otot pada area wajah yang terikat tersebut. Gua sha memungkinkan otot melakukan pekerjaan pendukungnya dengan benar. Anda akan mengalami pelepasan ketegangan yang membuat rileks dengan Gua Sha, terlebih jika terapi ini dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan diri sehari-hari. Merilekskan otot wajah secara teratur juga mencegah dan memudarkan garis-garis halus pada wajah.
4. Membantu Kulit Tampak Bercahaya
Gua Sha meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan fungsi limfatik, menghasilkan kulit yang lembap dan bercahaya secara alami. Tindakan mengikis dari alat pijat Gua Sha dengan lembut ke seluruh kulit membantu penetrasi produk serum atau pelembab, sehingga fitonutrien berair tersebut masuk lebih dalam ke lapisan kulit untuk memberi kulit wajah lebih banyak hidrasi. Gua Sha juga dapat digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, menghilangkan kerutan pada kulit dan mengurangi peradangan.
5. Membantu penyerapan produk skincare
Manfaat jade roller lainnya diklaim dapat membantu penyerapan produk skincare yang digunakan sebelumnya. Penggunaan face roller setelah Anda memakai serangkaian produk perawatan kulit, seperti essence atau serum wajah, diyakini bisa membantu proses penyerapan kandungan bahan aktif berjalan secara maksimal ke dalam kulit.
Namun, beberapa ahli ada yang menyatakan bahwa fungsi jade roller ini belum terbukti secara ilmiah. Gerakan memijat dengan roller wajah lebih tepat untuk menggambarkan penyebaran produk skincare secara maksimal.Sedangkan, efek tekanannya belum terbukti dapat memaksimalkan penyerapan kandungan skincare.
Begitu pula dengan fungsi jade roller lainnya yang telah disebutkan di atas. Pasalnya, masih membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas fungsi jade roller untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait