Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Kesehatan —Jumat, 25 Nov 2022 09:52
    Bagikan  
Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Menjalani Pola Hidup Sehat
Pinterest

DepostJogja,- Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel dan hormon. Hati yang terdapat dalam organ tubuh bisa merupakan alat untuk mereproduksi kolesterol. Selain itu, makanan yang mengandung minyak menjadi sumber kolesterol.
Kolesterol mempunyai dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) Cholesterol dan kolesterol baik alias High Density Lipoprotein (HDL) cholesterol.
Orang yang memiliki kolesterol jahat yang lebih tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak yang terbentuk di dinding arteri. Hal ini menyebabkan penyempitan dan pengerasan di pembuluh darah sehIngga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol yang sangat efektif. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, cara berikut ini dijamin alami sekaligus mengubah pola hidup lebih sehat menurut halodoc.com. Yuk, simak!

Baca juga: Bahaya Earphones Jika Sering di Gunakan, Dapat Mengakibatkan Tuli

1. Hindari Makanan Berlemak
Makanan berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Pastikan untuk tidak menggoreng makanan-makanan tersebut, ya.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3
Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Baca juga: Apa yang Harus di Lakukan Jika Tertusuk Bulu Babi?, Simak

4. Olahraga Teratur
Selain menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat, penting juga untuk berolahraga teratur setiap harinya. Hal ini tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

5. Kontrol Berat Badan
Menjaga berat badan ideal juga merupakan kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

Itulah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membuat kolesterol turun lebih cepat, semoga bermanfaat. *rin

Baca juga: Cara Mudah Agar Tanaman Strawberry Berbuah Lebat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait