Mengatasi Bibir yang Kering dan Pecah pecah Agar Tetap Segar dan Cantik Selama Puasa

Kesehatan —Selasa, 4 Apr 2023 13:45
    Bagikan  
Mengatasi Bibir yang Kering dan Pecah pecah Agar Tetap Segar dan Cantik Selama Puasa
Pinterest

DepostJogja,-Salah satu poin penting yang menyempurnakan penampilan dan makeup sehari-hari adalah bibir yang terlihat segar, sehat, dan lembap. Namun, asupan makanan dan minuman yang terbatas selama menjalani puasa rentan bikin bibir jadi kering dan pecah-pecah.

Kalau sudah begitu, bereksplorasi dengan warna-warni cantik lipstik juga jadi nggak maksimal karena bisa semakin menonjolkan bibir yang tampak mengelupas.
Sering mengalami dilema ini beberapa perawatan ini bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah biar tetap cantik selama puasa. Apa saja?

Gunakan Lip Balm untuk Menjaga Kelembapan Bibir

Salah satu solusi paling mudah untuk menjaga kelembapan bibir adalah dengan menggunakan lip balm. Produk yang satu ini memang dikenal ampuh untuk melapisi bibir sekaligus mengunci kelembapan di dalamnya, sehingga mencegah bibir mengalami kondisi kering.

Namun, memilih produk lip balm yang tepat juga nggak boleh sembarangan. Pastikan kamu mengenali kandungan produk di dalamnya, hindari bahan yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Pilih lip balm yang mengandung petroleum jelly yang berperan sebagai zat pelembap aktif dan juga SPF untuk melindungi bibir dari radiasi sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

Lakukan Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

Kebayang dong kalau bibir yang terlihat kering, pecah, dan mengelupas bisa membuat penampilan terlihat kurang oke. Selain menggunakan lip balm, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan eksfoliasi secara rutin.

Eksfoliasi dengan produk scrub bibir sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel, yang membuat bibir terlihat mengelupas dan kering. Jika bagian kulit mati ini terangkat, bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan halus sehingga penampilan pun akan kembali prima.

Baca juga: Lepas Jabatan Chairman RANS Nusantara FC, Dito Dilantik Jokowi Jadi Menpora

Jaga Hidrasi Tubuh Saat Sahur dan Berbuka

Tahukah kamu kalau salah satu faktor penyebab bibir terlihat kering dan pecah-pecah adalah karena dehidrasi? Jika tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, tubuh rentan mengalami dehidrasi yang efeknya nggak hanya pada penampilan saja, tapi juga mengganggu fokus dan konsentrasi selama bekerja.

Jadi, penting nih memastikan kebutuhan hidrasi tubuh terpenuhi selama puasa dengan minum air putih secara teratur. Buatlah jadwal minum air putih ideal selama buka dan sahur agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, kamu pun bisa meminimalisir bibir kering dan pecah yang mengganggu penampilan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Diet in Dermatology: Present Perspective, diketahui bahwa kekurangan nutrisi ternyata dapat membuat kemampuan lapisan dermis jadi terhambat sehingga keseimbangan kulit jadi terganggu. Hal ini dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah yang makin parah.

Untuk mengatasinya, pastikan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin, zinc, dan asam lemak omega 3 yang baik untuk merawat kulit sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. (RA)

Baca juga: Destinasi Wisata Pura Tirta Empul yang Penuh Sejarah di Bali

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait