Lepas Jabatan Chairman RANS Nusantara FC, Dito Dilantik Jokowi Jadi Menpora

Sepak Bola —Selasa, 4 Apr 2023 10:54
    Bagikan  
Lepas Jabatan Chairman RANS Nusantara FC, Dito Dilantik Jokowi Jadi Menpora
Keterangan foto: Dito Ariotedjo, Chairman RANS Nusantara FC dilantik Jokowi Jadi Menpora. (foto:laman pssi)

DepostJogja,-Resmi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan dirinya siap mundur dari jajaran RANS Nusantara FC dan RANS PIK Basketball per Senin 3 April 2023.

Dito yang menjabat sebagai Chairman di RANS Nusantara FC dan RANS PIK Basketball. Rela melepaskan jabatannya untuk menghindari konflik kepentingan.

"Pasti lah (mundur). Kan otomatis sebagai Menpora saya harus menaungi semua stakeholder," ucap Dito Ariotedjo usai pelantikan.
"Jadi untuk tidak ada conflict of interest saya pasti akan mundur. Per hari ini (Senin) sudah (mundur)," sambung pria berusia 32 tahun ini.

Saat ini Dito Ariotedjo menjadi Menpora termuda di dalam sejarah. Dito lahir di Jakarta, 25 September 1990.
"Ya tidak mungkin nolak juga apalagi ini kan untuk merah putih ya, untuk bangsa dan negara dan hamdalah apa yang saya diberikan ini adalah jabatan

Kementerian Pemuda dan Olahraga," ucap Dito saat ditemui seusai pelantikan.
"Saya sendiri berusia 32 tahun lahir tahun 90 jadi saya masih generasi milenial. milenialnya bukan mentok, di tengah-tengah. jadi ini merupakan representasi dari generasi milenial dan juga bisa dibilang gen Z ya."

"Jadi ini merupakan kesempatan, saya terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi tapi ini merupakan beban yang berat bagi saya karena saya merupakan wakil dari generasi saya," ujarnya.

Baca juga: Destinasi Wisata Pura Tirta Empul yang Penuh Sejarah di Bali

Sebagaimana diketahui, Presiden RI Jokowi (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin 3 April 2023.

Dito menggantikan posisi Menpora yang semula dijabat seniornya di Golkar, Zainudin Amali. Yang mengundurkan diri dengan dalih, ingin fokus pada jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito sebagai Menpora itu berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.
"Bersedia," jawab Dito saat ditanya Jokowi soal kesiapannya menjadi Menpora dan diambil sumpah sesuai agamanya.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Dito mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

Dito merupakan satu dari tiga nama anak muda yang diajukan Partai Golkar untuk menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.
Karier politiknya bersama Golkar, Dito diketahui pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Selain itu, Dito memiliki sejumlah pengalaman di bidang olahraga. Ia menjabat Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah mengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. (Aris)

Baca juga: Paparan Wisata Sawah Berundak Ubud Bali

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait