7 Manfaat Lidah Buaya yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kesehatan —Kamis, 31 Aug 2023 15:20
    Bagikan  
7 Manfaat Lidah Buaya yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Ilustrasi tanaman lidah buaya yang kerap diidentikan dengan ucapan manis lelaki. (Pinterest)

DEPOSTJOGJA - Lidah buaya atau yang kita biasa sebut aloe vera ini adalah jenis tumbuhan sukulen.
Tanaman ini biasanya bertumbuh di area beriklim tropis kering, contohnya seperti di Indonesia, kalian bisa menemukan lidah buaya di negara ini.
Seperti yang kalian tau, bahwa banyak sekali manfaat dari lidah buaya ini, apalagi banyak sekali orang yang dari dulu mengetahui bahwa lidah buaya bagus untuk kesehatan rambut.
Nah ternyata bukan hanya itu saja, namun masih banyak manfaat dari lidah buaya.
Melansir dari beragam sumber ini dia beberapa manfaat dari lidah buaya

• Mengobati luka bakar
Pada tahun 1959 Food and Administration, Amerika Serikat menyetujui penjualan salep dari lidah buaya secara bebas untuk meredakan luka bakar.
Karena dulu banyak sekali orang yang menggunakan lidah buaya pada luka bakar dengan cara dioleskan ke kulit.
Karena menurut penelitian ternyata memang lidah buaya ini terbukti efektif untuk mengobati luka bakar, bahkan menggunakan lidah buaya lebih cepat sembuhnya daripada dengan pengobatan konvensional.

• Meredakan asam lambung
Penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan yang sering menimbukan mual, muntah, mauapun akan terasa membakar pada ulu hati.
Sebuah riset menunjukan bahwa mengkonsumsi lidah buaya dapat membantu mengurangi tingkat keparahan pada asam lambung dengan mengkonsumsi 28-85 gram lidah buaya.
Lidah buaya bisa kalian gunakan untuk mengobati masalah pencernaan yang lainnya, tentu saja obat ini bisa kalian gunakan menjadi obat herbal.

• Menangani sariawan
Ternyata lidah buaya juga mempunyai khasiat untuk mengurangi peradangan, maka dari itu kalian bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati sariawan kalian. Lidah buaya juga mampu meredakan rasa nyeri pada sariawan.

Baca juga: 5 Cara Belajar di Rumah yang Efektif, Mudah Untuk Dicoba

• Mengurangi plak gigi
Kalian bisa berkumur menggunakan lidah buaya karena khasiat lidah buaya juga sangat bagus sama halnya dengan obat kumur.
Lidah buaya mampu membunuh bakteri streptococcus mutans maupun jamur yang menyebabkan plak pada gigi.
Karena speeti yang kalian ketahui plak gigi bisa membuat gigi kalian menjadi berlubang, maka dari itu mulai sekarang biasakan berkumur dengan lidah buaya.

• Menurunkan gula darah
Menurut studi yang dimuat di international journal of phytotherapy and phytopharmacy, mengkonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya perhari maka dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

• Memperlambat penuaan kulit
Penggunaan lidah buaya ternyata dapat meningkatkan pproduksi kolagen dan elastisitas pada kulit.
Maka dari itu lidah buaya dapat memperlambat penuaan pada kulit.

• Membersihkan makeup
Kalian yang mempunyai kulit sensitif jika saat membersihkan makeup, maka kalian bisa menggunakan lidah buaya untuk membersihkan makeup, kalian tanpa akan menimbulkan iritasi.
Karena tekstur lidah buaya sendiri seperti gel maka akan mudah melarutkan riasan pada wajah dan sekaligus bisa melembabkan wajah kalian.
Itu dia beberapa manfaat lidah buaya, tentu saja masih banyak sekali manfaat lainnya, maka dari itu kalian bisa menggunakan lidah buaya untuk menjadi obat alternatif kalian atau kalian bisa menggunakan untuk keperluan kalian yang lainnya. (Erica R Feby)

Baca juga: 3 Wisata Gunung yang Wajib Untuk Kalian Kunjungi

Editor: Erica
    Bagikan  

Berita Terkait