Ragam Pilihan Cemilan dari Tahu

Kuliner —Jumat, 16 Sep 2022 15:08
    Bagikan  
Ragam Pilihan Cemilan dari Tahu
Gehu.*(FOTO: Pinterest)

DEPOSTJOGJA,- Tahu, salah satu makanan yang terbuat dari bahan kedelai. Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Asalnya ternyata dari Tiongkok.

Selain untuk campuran sayur dan sebagai lauk pauk, tahu sering menjadi camilan ngopi di pagi atau malam hari. Berikut 7 olahan makanan unik dari berbagai daerah yang bisa kamu coba.

Gehu

Orang Sunda pasti tahu gehu alias tauge tahu.  Camilan gehu biasanya berisi sayur toge berada di dalam tahu kuning atau coklat.  Lalu dibungkus dengan tepung terigu dan digoreng hingga matang. Gehu juga memiliki beberapa variasi seperti gehu ori, pedas hingga yang paling pedas adalah gehu mercon.

Tahu brontak

Tahu brontak merupakan camilan khas masyarakat Jawa Tengah seperti Banyumas, Gombong, Kebumen, Purworejo dan sekitarnya. Tahu brontak hampir sama dengan gehu namun biasanya bukan hanya tauge isinya, melainkan kol, wortel dengan bumbu yang sudah ditumis. Cara memasaknya pun sama.  Tepung membalut tahu, lalu goreng hingga matang.

Tahu walik

Olahan tahu walik sendiri merupakan camilan khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tahu walik biasanya digoreng dengan isian aci atau pun bahan lain. Diberi nama walik karena cara mengolahnya adalah tahunya dibalik terlebih dulu. Setelah tahu dibalik, lalu masukkan isian, baru digoreng hingga matang.

Baca juga: Wisata Jeep Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo

Tahu aci

Tahu aci dari Tegal ini mudah dan sederhana membuatnya.  Biasanya menggunakan tahu coklat yang dibagi 2 lalu diisi dengan adonan aci.  Tahu aci ini juga sering disandingkan dengan batagor dan bumbu kacang sehingga semakin lezat.

Tahu crispy

Tahu crispy bisa kita temukan dengan mudah, karena menjamur dimana-mana.  Atau bisa juga membuat sendiri di rumah. Biasanya bahan tahu crispy adalah tahu putih atau tahu sutra yang disiram dengan tepung krispi encer ketika menggorengnya.

Tahu gejrot

Siapa yang tidak tahu tahu asal Cirebon yang legendaris ini? Olahan yang juga tak kalah enaknya. Tahu asal Sumedang yang menjadi makanan khas Cirebon diiris kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu kuah gula merah berisi cabai dan bawang.

Tahu bakso

Tahu Bakso adalah makanan khas asal Ungaran. Tahu istimewa yang berisi olahan daging dan tepung alias bakso ini merupakan camilan favorit. Tahu coklat yang gurih dipadukan dengan kenyal dan sedapnya bakso daging yang membuat ketagihan.

Itulah beberapa cemilan tahu unik di nusantara yang menggugah selera.  Mana yang kamu suka?* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Memasak Sendiri Mie Goreng Seafood di Rumah, Ini Resepnya

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait