Kisah Misteri Saranjana Kota Gaib di Pelosok Kalimantan

Mystery —Selasa, 22 Aug 2023 14:22
    Bagikan  
Kisah Misteri Saranjana Kota Gaib di Pelosok Kalimantan
Buku Mencari Saranjana karya Gusti Gina yang diterbitkan Gagasmedia. (Twitter Gusti Gina)

Depost Jogja,- Belakangan ini nama kota Saranjana viral dibicarakan di media sosial. Saranjana menjadi obrolan yang kerap muncul di kalangan masyarakat Banjar hingga warga pendatang di tanah Kalimantan.

Kota Gaib Saranjana yang telah diangkat menjadi sebuah film bergenre horor sukses memberikan fakta nyata berbagai kisah mistis yang pernah terjadi.
Di jagat maya, heboh sebuah foto perempuan yang berpose di atas bukit ketika malam tiba. Tak disangka, di bagian belakang fotonya ada gedung-gedung pencakar langit.
Atau kisah ketika musisi Ari Lasso menggelar tur keliling konser tunggal di pelosok Kalimantan yang diakuinya ada banyak penonton namun ternyata tak banyak? Rasa penasaran membuat perempuan bernama Gusti Gina menjelajahi Desa Oka-Oka, kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru, Kalimantan Selatan akhir 2022.
Gusti Gina yang berprofesi sebagai konten kreator itu aslinya berasal dari Banjar dan sudah merantau ke Ibu Kota sejak 5 tahun lalu.
Sejak kecil, Gusti Gina sudah terbiasa mendengar berbagai cerita rakyat, legenda, misteri hingga makhluk tak kasat mata yang berasal dari tanah kelahirannya.
Dia pernah mendiami sebuah rumah angker yang memiliki kamar sakral berkelambu kuning. Kisah ini pula yang membuat dirinya diundang ke kanal YouTube Raditya Dika 2 tahun lalu dan menceritakan sesejan yang setiap hari harus dilakoni bersama adiknya ke kamar tersebut.
Lama berselang setelah Misteri Kelambu Kuning, Gusti Gina segera menerbitkan sebuah buku berjudul Saranjana. Buku yang diterbitkan oleh Gagasmedia akan dibuka sistem prapesan pada 17-25 Agustus mendatang.

Baca juga: Profil dan Biodata Lee Joon-Ho, Cowok Ganteng yang Digosipkan Pacaran dengan Yoona SNSD


Perempuan berusia 27 tahun menceritakan mengenai Saranjana dan seluk-beluk kota gaib yang berasal dari kampung halamannya tersebut.
"Di Kalimantan, ada nama kota gaib Saranjana yang dipercaya dihuni oleh jin muslim di sana. Saya menuliskan cerita dokumenter perjalanan saya ke sana berdasarkan cerita warga lokal yang punya kaitan dengan Saranjana, ada yang mengaku melihat, berpindah atau berinteraksi dengan Saranjana, bahkan ada yang mengaku pernah ke sana dan balik lagi menjadi gila," kata Gusti Gina.
Dalam berbagai cerita, Saranjana dikisahkan sebagai kota gaib yang maju ketimbang dunia manusia. Di tanah Kalimantan, belum banyak infrastruktur yang terbangun dan masih banyak hutan namun berbeda halnya dengan Saranjana.
"Saranjana digambarkan sebagai kota urban yang punya gedung-gedung bertingkat pencakar langit, banyak mobil seperti Jakarta. Cerita ini sudah ada turun temurun, nggak cuma mitos saja atau misterinya saja. Tapi saya juga mewawancarai sejarawan yang juga secara scientific mengatakan Saranjana itu ada dalam riset, sudah ada peta di masa lalu," tutur YouTuber yang konten horor yang memiliki 369 ribu subscriber tersebut.
Konten ceritanya tentang Saranjana di YouTube juga mendapatkan apresiasi dan viewers banyak. Kisah itu pun dibukukan dan segera menyapa para pencinta misteri.
"Di Desa Oka-Oka itu ada titik koordinat antara dunia manusia dan alam Saranjana, kalau di sana ada bekas-bekas kehidupan secara nyata seharusnya ada bekas bangunan atau peninggalan bersejarah tapi belum ditemukan sampai saat ini," pungkasnya. (Siska Septiani)

Baca juga: Mengejutkan! Ternyata Inilah Fungsi Kacamata Anti Radiasi

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait