Dadaunan Mulai Diselimuti Abu Vulkanik, Begini Kondisi Gunung Merapi

News —Senin, 13 Mar 2023 15:07
    Bagikan  
Dadaunan Mulai Diselimuti Abu Vulkanik, Begini Kondisi Gunung Merapi
twitter (cnnindonesia.com)

DepostJogja,-Gunung Merapi kini sedang menjadi pusat perhatian dari masyarakat seusai menunjukkan aktivitas erupsinya.
Sebagai akibat dari erupsi Gunung Merapi baru-baru ini, beberapa daerah mendapatkan dampak secara langsung berupa jatuhnya abu vulkanik yang cukup tebal.

Seperti yang terjadi di Magelang, terpantau ‘hujan’ abu vulkanik telah membuat jalan-jalan, bangunan, hingga pepohonan tertutup dan berubah warna menjadi putih.

Hal ini kemudian memberikan dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam menjalankan aktivitasnya.
Salah satu sektor yang mendapatkan dampak sangat besar antara lain adalah peternakan, banyak hewan ternak yang tak mendapatkan pakan bersih karena rerumputan hijau sudah terkontaminasi abu vulkanik.

Dikutip Depostjogja dari akun instagram @merapi_uncover, sebuah video dibagikan yang memperlihatkan situasi usai turunnya abu vulkanik di Magelang.

Dalam unggahan tersebut, pakan ternak menjadi salah satu bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat (peternak) yang berada di lereng Merapi.
Akibat erupsi Gunung Merapi, para peternak kehabisan sumber pakan ternak karena telah terkontaminasi dengan abu vulkanik.

Baca juga: Daftar Event Seru di Yogyakarta 11-14 Maret 2023

“Saudara Saudaraku Tercinta saat ini saudara kita di lereng merapi wilayah Babadan Magelang membutuhkan uluran tangan kita yaitu PAKAN TERNAK. Sumber pakan ternak mereka terkena Abu Vulkanik. Mohon bantuannya untuk pakan ternak,” tulis akun instagram itu.

Sementara itu, para warganet yang melihat postingan tersebut kemudian menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan alternatif solusi sementara.
Mereka menyarankan agar peternak mencuci rumput yang terkena abu vulkanik tersebut hingga bersih, barulah kemudian diberikan kepada ternaknya.

Walaupun dirasa merepotkan, hal ini dinilai menjadi alternatif sembari menunggu bantuan pakan ternak.
“Di cuci mase,trs mau kasih ke ternak e campur dedak dikit..dulu ternak ku jg tak gitu in alhamdullilah mau,” tulis seseorang warganet.
“Di cuci aja rumputnya lur. Sedia bak di dekat pakan ternak. Setelah selesai ngarit. Smpe rumah bongkok.ane di bongkar n di cuci pake bak yg berisi air td.

Agak repot tp ya harus bgtu sambil nunggu kl ada bantuan pakan ternak,” tulis lainnya.
Hingga saat ini, laporan demi laporan dari para warga berkaitan dengan erupsi Merapi terus saja dilakukan, khususnya melalui akun media sosial masing-masing. (RA)

Baca juga: Resep Ayam Woku dari Manado

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait