Menpora Apresiasi Prestasi Jabar, Jadikan sebagai Sentra Pembinaan Talenta Muda Olahraga Nasional

Olahraga —Jumat, 11 Mar 2022 14:30
    Bagikan  
Menpora Apresiasi Prestasi Jabar, Jadikan sebagai Sentra Pembinaan Talenta Muda Olahraga Nasional
Menpora tetapkan Jawa Barat sebagai Sentra Pembinaan Talenta Muda Olahraga Nasional.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

DEPOSTJOGJA (KOTA BANDUNG),- Menteri Pemuda dan Olahraga  Zainudin Amali menetapkan Jawa Barat sebagai sentra pembinaan talenta muda dalam desain olahraga nasional. Penetapan tersebut berdasarkan sejumlah prestasi yang diraih Jabar, khususnya dalam PON XIX dan PON XX dimana Jabar menjadi juara umum secara beruntun. Selain itu, Jabar juga banyak berkontribusi menyumbangkan atlet nasional yang berprestasi di kancah internasional. Hal itu dikatakan Menpora usai menghadiri Pelantikan Pengurus IMI Jabar Masa Bakti 2021-2025 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu (05/03/2022).

"Sebagai apresiasi dari pemerintah pusat atas prestasinya, maka kami tetapkan Jabar sebagai sentra pembinaan talenta muda didalam desain olahraga nasional.  Kami memberi perhatian khusus ke Jabar karena sudah memperlihatkan pembinaan yang baik dan dibuktikan dengan prestasi," tutur Zainudin.

Baca juga: Si Cantik Kim Sejeong yang Kian Memukau

Menurutnya, kunci keberhasilan Jabar adalah konsistensi dalam pembinaan atlet dan didukung oleh infrastruktur olahraga yang memadai. Terlebih kini Jabar memiliki Laboratorium Sport Science di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Bahkan Menpora mengungkapkan pula, bahwa Jabar saat ini tengah surplus atlet. Ia menyebut, saat penyelenggaraan PON XX di Papua lalu hampir semua provinsi menggunakan atlet yang dibina oleh Jabar.

"Surplus ini salah satunya saya temukan saat saya mengalungkan medali untuk provinsi lain di PON Papua. Saya tanya asal daerahnya ternyata dari Jabar, ini tak hanya di satu cabor saja. Disitu saya simpulkan Jabar ini surplus atlet," ungkapnya.

Menpora berharap, dengan pembinaan yang baik dan banyak talenta, Jabar menjadi penyumbang utama atlet di event Olimpiade yang sudah jadi target pemerintah pusat.

Baca juga: Lolos 8 Besar Liga Champions, Los Blancos Cetak Skor 3-1 Lawan PSG

Tarung Derajat

Sebanyak 18 Kepala Dinas dan Kepala Biro di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengisi kepengurusan Keluarga Olahraga Tarung Derajat Jabar. Diharapkan cabang olahraga bela diri ini semakin berkembang sampai pelosok desa, dan masuk dalam event olahraga bertaraf internasional. Yerry Yanuar yang merupakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar dipercaya menjadi Ketua Pengprov Kodrat Jabar untuk masa bakti 2021-2025 setelah dilantik oleh Ketua PB Kodrat Bambang Soesatyo, di Kota Bandung, Sabtu (05/03/2022).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang turut hadir pada pelantikan tersebut mengaku mengizinkan para kabinetnya menjadi Pengurus Kodrat Jabar. Tujuannya agar cabang olahraga Bela Diri Tarung Derajat semakin maju dan berkembang sampai pelosok desa.

Sejak resmi menjadi anggota KONI pada 1997, Tarung Derajat yang diciptakan oleh Sang Guru Achmad Dradjat atau akrab dipanggil Aa Boxer melahirkan kepengurusan bernama PB Kodrat (Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat). Sejak itu Tarung Derajat dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Adapun Pengurus Provinsi Kodrat pada 2021 sudah ada di 21 provinsi di Indonesia termasuk Jabar.

Dibawah kepemimpinan PB Kodrat yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kang Emil berharap Tarung Derajat semakin mendunia, dan bisa disertakan dalam event olahraga bertaraf internasional.* (bersumber dari siaran pers / Tisha S. Kanilah)

Baca juga: Gading Marten Jadi Presiden Klub Persik Kediri

Editor: Nabila
    Bagikan  

Berita Terkait