Olahraga Ringan Ini Cocok untuk Pengidap Gagal Ginjal

Olahraga —Selasa, 24 Jan 2023 12:05
    Bagikan  
Olahraga Ringan Ini Cocok untuk Pengidap Gagal Ginjal
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Pola hidup sehat bukan hanya dipengaruhi oleh makanan atau obat-obatan berkhasiat, tetapi juga olahraga yang tepat. Oleh karenanya dengan mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari, tubuh juga perlu olahraga supaya tetap sehat.

Namun‌, olahraga terkadang menjadi aktivitas yang dihindari oleh sebagian orang yang sakit. Karena nyatanya kebanyakan orang yang rajin berolahraga adalah mereka yang memiliki badan sehat dan bugar.

Hal ini bisa dimaklumi karena orang yang sedang sakit tentu mempertimbangkan kerentanan tubuh jika ingin berolahraga. Terlebih untuk pengidap gagal ginjal yang punya keharusan untuk membatasi aktivitas fisik mereka.

Namun, apakah benar jika orang sakit dilarang berolahraga?
Ternyata orang yang sedang sakit faktanya tetap butuh melakukan olahraga.

Hanya saja jenis olahraga yang dipilih perlu disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita dan kondisi tubuh. Seperti halnya pengidap gagal ginjal, dia tetap bisa melakukan olahraga ringan yang tidak membahayakan.
Dikutip dari Halodoc.com, berikut 3 jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan untuk pengidap gagal ginjal.

Baca juga: Cara Atasi Nyeri Punggung Akibat Pola Tidur yang Buruk

1. Jalan Kaki
Olahraga yang sangat direkomendasikan untuk pengidap gagal ginjal yaitu jalan kaki. Olahraga ini jika dilakukan bisa membuat kalian sehat apalagi dilakukan dipagi hari serta sangat ringan dan cukup mudah dilakukan di mana dan kapan saja.
Olahraga ini sangat baik dilakukan untuk mengobati penyakit ginjal karena bisa membantu otot-otot untuk bergerak secara berulang.

2. Berkebun
Meskipun rutinitas berkebun bukan salah satu olahraga melainkan aktivitas fisik biasa dan pekerjaan biasa tapi memiliki efek yang setara dengan olahraga yang biasa dilakukan.
Penderita gagal ginjal bisa juga melakukan rutinitas ini di bawah sinar matahari di pagi hari. Karena aktivitas ini sangat bisa menurunkan risiko penyakit ginjal hingga 16 persen.

3. Bersepeda
Bukan melulu buat mereka yang sehat, bersepeda rutin selama 1,5 jam selama 3 kali seminggu juga cukup ampuh untuk menurunkan risiko penyakit ginjal hingga 15 persen.
Kamu juga bisa melakukannya di suasana pagi hari sambil menikmati kesejukan dan cahaya panas matahari pagi agar kebutuhan vitamin D juga terpenuhi.

Lakukanlah olah raga ringan bagi pengidap ginjal secara rutin. Semoga bermanfaat*Rin

Baca juga: Benarkah Bawang Merah Dapat Mengobati Flu Pada Anak? Simak Faktanya


Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait