Apa Itu Komputer Generasi Kelima? Simak Penjelasannya

Pendidikan —Minggu, 30 Oct 2022 13:47
    Bagikan  
Apa Itu Komputer Generasi Kelima? Simak Penjelasannya
Foto: Pinterest

DEPOSTJOGJA.COM,- Di tengah pesatnya perkembangan komputer dan teknologi saat ini, rasanya aneh yah smart buddies jika menemui seseorang yang tidak tahu dan tidak pernah menggunakan komputer.

Komputer sekarang sudah mengisi seluruh relung kehidupan kita, mulai dari untuk kerja dan belajar sampai untuk bermain. Komputer sekarang ini juga sudah dilengkapi fitur dan aspek yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum membahas lebih lanjut tentang sejarah perkembangan komputer, yuk kita definisikan dulu apa itu komputer.

Sederhananya, komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama untuk menerima data, mengolah data, dan menampilkan data untuk pengguna. Bentuk dan fitur komputer yang sekarang kita gunakan sudah jauh berbeda lho dengan komputer zaman dahulu. Perkembangan komputer dari pertama memasuki pasar hingga sekarang dapat dibagi menjadi lima generasi yang berbeda. Tiap generasi memiliki terobosan serta inovasinya yang memungkinkan komputer dapat berkembang pesat. Menarik bukan? Yuk kita simak, smart buddies!

Komputer pada generasi kelima sudah mulai menggunakan standar PC. Perusahaan yang dianggap ahlinya dalam pengembangan komputer ini adalah Intel dan Microsoft. Bahkan Microsoft resmi menjadi standar internasional untuk software dan hardware komputer. Generasi kelima ini juga sering disebut generasi pentium karena penggunaannya sebagai salah satu mikroprosesor yang dianggap paling canggih.

Baca juga: Daerah Istimewa Yogyakarta

Komputer pada generasi ini juga mempunyai jutaan warna dengan resolusi yang sangat tajam. Selain itu pada masa ini mulai berkembang komputer bergerak seperti laptop. Selanjutnya saat ini masih dilakukan tahap untuk merealisasikan komputer generasi masa depan yang dilengkapi dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Tujuannya adalah untuk bisa mewujudkan suatu perangkat komputer yang mampu melakukan komunikasi dengan manusia, mampu menggunakan input visual dan belajar dari pengalaman pribadi.

Komputer yang pada awalnya berbentuk tabung vakum besar kini sudah berubah menjadi perangkat kecil yang bahkan bisa dibawa kemana-mana. Tidak bisa dipungkiri memang teknologi akan membuat Anda untuk terus berinovasi.

Komputer generasi kelima ini adalah komputer yang kita gunakan ditandai dengan dengan munculnya LSI atau large scale integration yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosesor kedalam satu mikroprosesor. Komputer generasi ini ditandai juga dengan munculnya semi konduktor.  

Komputer quantum dan penggunaan nano technology juga akan merubah besar-besaran wajah komputer yang kita kenal. Tujuan dari komputer generasi kelima adalah mengembangkan komputer yang dapat merespon suara bahasa dan dapat belajar secara sadar.

Baca juga: Resep Tongseng Kambing Khas Jogja

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait