Ini Dia 6 Cara Mengehemat Baterai iPhone Agar Tidak Boros

Pendidikan —Selasa, 22 Aug 2023 14:43
    Bagikan  
Ini Dia 6 Cara Mengehemat Baterai iPhone Agar Tidak Boros
Ilustrasi gawai iPhone. (Depost Network / Siska Septiani)

Depost Jogja,- Sebagian besar pengguna iPhone merasa bahwa daya baterai iPhone terlalu rendah yang menyebabkan baterai iPhone cepat habis.
Namun, pengguna iPhone kini tidak perlu khawatir karena ada cara menghemat baterai iPhone yang paling optimal untuk menjaga baterai iPhone agar lebih awet saat digunakan.
Tips cara menghemat baterai iPhone dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Meskipun iPhone juga memiliki fitur low power mode untuk menghemat baterai iPhone, terdapat cara tersembunyi lain yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai iPhone.
Terdapat sejumlah cara menghemat baterai iPhone terbaik yang dapat dilakukan agar baterai iPhone lebih awet dan battery health iPhone tetap maksimal.
Untuk diingat, ketahanan daya baterai tergantung pemakaian ponsel. Besar kemungkinan pengguna tanpa menyadari ada aplikasi yang terbuka bisa menyedot baterai.
Dilansir dari Make Use Of, (12/07), berikut cara menghemat baterai iPhone yang bisa kamu coba. Yuk, simak panduannya.

1. Atur tingkat kecerahan layar
Layar yang terlalu terang lebih cepat menghabiskan baterai iPhone ketimbang layar redup. Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, kamu bisa mengaturnya di Control Center.
Selain itu kamu bisa menonaktifkan Auto-Brightness. Jika tidak, fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika di bawah cahaya matahari yang cerah.

2. Ubah ke Dark Mode
Untuk iPhone yang didukung layar OLED, berpindah ke Dark Mode bisa memberikan manfaat bagi masa pakai baterai.
iPhone yang menggunakan panel OLED antara lain iPhone X, iPhone XS/ XS Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 series, serta iPhone 13 series.

Baca juga: 5 Tipe Pria yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Pasangan Hidup

3. Gunakan Low Power Mode
Fitur ini bekerja dengan baik dalam menghemat baterai. Ketika pengguna mengaktifkan Low Power Mode, sejumlah fitur iPhone dinonaktifkan, mulai dari download otomatis, backup iCloud, mengambil email, hingga fitur pemanggil Siri "Hey, Siri!"
iPhone kamu bakal menanyakan ke pengguna untuk berpindah ke Low Power Mode ketika baterai berada di angka 20 persen atau 10 persen.

4. Matikan Push dan Fetch Email
Jika kamu menerima banyak email tiap harinya, pastikan untuk nonaktifkan sinkronisasi push, yakni fitur yang memperbarui perangkat kamu dengan email baru yang masuk.
Sebagai gantinya, kamu bisa meningkatkan interval fetch atau pengambilan email, sehingga perangkat hanya memeriksa email baru pada jadwal yang ditetapkan.
Hal ini memang agak merepotkan tetapi ketika pengguna sudah mengisi daya baterainya kembali, bisa mengubah pengaturan seperti biasa.

5. Atur Waktu Penguncian Otomatis (Auto-Lock)
Auto-Lock adalah fitur yang mengunci layar iPhone ketika pengguna tidak memakainya selama beberapa waktu tertentu.
Dalam hal ini pengguna bisa memilih dari 30 detik hingga 5 menit sebelum fitur ini aktif.
Pilihan terbaik adalah mengatur waktu paling singkat, jika kamu ingin menjaga baterai lebih lama.

6. Hindari pemakaian aplikasi yang menguras baterai
iPhone mengumpulkan data tentang aplikasi-aplikasi yang menghabiskan banyak baterai. Untuk memeriksanya, buka Setting > Battery.
Bagian ini akan memberi tahu ke pengguna, berapa banyak baterai yang digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam dan 10 hari terakhir.
Jika kamu melihat Background Activity, di bawah nama aplikasi, artinya aplikasi tersebut menghabiskan baterai iPhone meski kamu tidak menggunakannya secara aktif.
Untuk mencegahnya, kamu harus mematikan Background App Refresh untuk aplikasi, melalui Setting > General > Background App Refresh.
Nah, itulah tadi beberapa cara menghemat baterai iPhone iOS 15 atau versi sebelumnya yang bisa kamu coba terapkan. (Siska Septiani)

Baca juga: Kisah Misteri Saranjana Kota Gaib di Pelosok Kalimantan

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait