Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Kesehatan —Senin, 31 Oct 2022 16:01
    Bagikan  
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Pinterest

DepostJogja,- Bawang putih adalah jenis umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum, bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tetapi juga bisa tumbuh di Italia dan daerah selatan Perancis. Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1 – 10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6 – 8 gram.


Bawang Putih Sering dijadikan sebagai bahan masakan, atau sebagai herbal. Inilah Kandungan gizi yang ada di Bawang putih;
-5,4 miligram kalsium
-0,4 mikrogram selenium
-0,2 gram protein
-0,1 gram serat
-4 kalori
-1 gram karbohidra
-0,1 miligram mangan
-0,9 miligram vitamin C
-sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Baca juga: Manfaatkan Jintan Hitam dan Pare untuk Penderita Diabetes

Manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut penelitian ilmiah.


1.Mengurangi Kelelahan
Bawang putih secara tradisional digunakan dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja pekerja. Studi lain menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan bawang putih. Bawang putih dapat meningkatkan kinerja fisik dan orang dengan penyakit jantung.


2.Menjaga Kesehatan Tulang
Bawang putih dapat meminimalkan keropos tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (sama dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan.


3.Menekan Kolesterol
Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat). Bagi mereka dengan kolesterol tinggi, bawang putih tampaknya mengurangi kolesterol total dan LDL sekitar 10-15%. Sehingga tentu mengkonsumsi bawang putih mampu memberi manfaat kesehatan terutama pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi.


4.Minim Kalori
Bawang putih rendah kalori dan kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Ini juga mengandung sejumlah kecil berbagai nutrisi lainnya yang sudah tercantum di atas. Sehingga aman dikonsumsi meskipun sedang dalam program diet.


5.Menurunkan Tekanan Darah
Senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menemukan bawang putih memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam mengurangi tekanan darah selama periode 24 minggu.
Jumlah yang dibutuhkan setara dengan sekitar empat siung bawang putih per hari. Bawang putih dosis tinggi tampaknya meningkatkan tekanan darah bagi mereka yang diketahui memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Dalam beberapa kasus, suplemen mungkin sama efektifnya dengan obat-obatan biasa.(rrin)

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait